Pemerintah Siapkan Rp6,4 T untuk PSN 5 Destinasi Wisata Prioritas

Pemerintah Siapkan Rp6,4 T untuk PSN 5 Destinasi Wisata Prioritas
UANG | 29 Mei 2020 14:45 Reporter : Intan Umbari Prihatin

Merdeka.com - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menyampaikan, dari 89 Proyek Strategis Nasional (PSN) yang sudah disetujui, lima di antaranya merupakan destinasi super prioritas wisata. Yaitu Danau Toba, Borobudur, Mandalika, Labuan Bajo, dan Likupang di Sulawesi Utara.

"Intinya tidak ada kegiatan yang dibatalkan. 5 destinasi wisata tadi, di tahun 2020 dialokasikan anggaran Rp6,4 Triliun untuk 5 destinasi wisata dan ini tidak termasuk yang dihemat karena ini menjadi prioritas," kata Basuki usai rapat terbatas bersama Presiden Joko Widodo atau Jokowi melalui siaran telekonference, Jakarta, Jumat (29/5).

Dia berharap nantinya usai pandemi Covid-19 ini destinasi wisata akan pulih kembali, sehingga diminati para wisatawan. "Dengan harapan bahwa setelah pandemi ini, ini menjadi yang paling cepat bisa rebound," kata Basuki.

Dia menjelaskan dari Rp6,4 triliun terdapat Rp5,1 triliun yang sudah diteken kontrak. Kemudian beberapa pekerjaan pun kata Basuki sudah dimulai.

"Ada yang baru dimulai pada pekan ini, setelah Lebaran. Contoh di Danau Toba, kegiatannya adalah penataan Pantai Parapat kemudian penataan kawasan Huta Raja Siallagan di Samosir. Dan termasuk yang lain-lain, ini kegiatan kawasan belum termasuk perbaikan jalan, pelebaran jalan, gapura, pasar," kata Basuki.

Tak hanya di Samosir, Borobudur pun akan ada proyek pengerjaan gerbang akses untuk menuju destinasi wisata. Nantinya akses tersebut akan dimulai dari Sentu, Purworejo. "Jadi itu ada beberapa gerbang yang akan dibangun untuk antarkan turis menuju kawasan Borobudur. Jadi ada jalan akses utama dan gerbang-gerbang yang sudah kita kontrak tahun ini," kata Basuki.

1 dari 1 halaman

Kemudian di Mandalika, juga pihaknya akan menfokuskan dan menyiapkan jalan akses dari Bandara Internasional Lombok (BIL) ke Mandalika sepanjang 17 km. Proyek tersebut kata dia, sudah selesai tahap lelang.

"Tinggal paket dan akan segera dimulai pekerjaan 2020, sehingga 2021 bisa selesai. Termasuk perbaikan kawasan Pantai Belubuk di Mandalika," jelas Basuki.

Basuki juga menjelaskan dalam proyek di Labuan Bajo pun sudah selesai terkait kontrak. Ada beberapa proyek terkait akses jalan untuk menuju destinasi tersebut. "Kemudian di Manado-Bitung Likupang sudah ada kegiatan di antaranya adalah penataan Pantai Malalayang di Manado yang bisa dipakai untuk kuliner di Manado," ungkap Basuki. (mdk/azz)

Baca juga:
Airlangga Rekomendasikan 89 PSN Baru, Total Nilai Rp 1.422 triliun
Jokowi Sisir 245 Proyek Strategi Nasional Usulan yang Jadi Prioritas
Jokowi Perintahkan Segera Selesaikan Pembebasan Lahan yang Hambat PSN
Jokowi Teken Perpres Pendanaan Pengadaan Tanah Proyek Strategi Nasional
Pulihkan Ekonomi di 2021, Pemerintah Siapkan 41 Proyek Strategis Unggulan
Virus Corona Buat Target Produksi Proyek Strategis Nasional Sektor Migas Molor

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Gerak Cepat Jawa Barat Tangani Corona - MERDEKA BICARA with Ridwan Kamil

5