Pemerintah Target Angka Konsumsi Ikan Capai 62,05 Kg per Kapita di 2024

Pemerintah Target Angka Konsumsi Ikan Capai 62,05 Kg per Kapita di 2024
UANG | 22 Agustus 2020 17:00 Reporter : Anisyah Al Faqir

Merdeka.com - Menteri Kelautan dan Perikanan, Edhy Prabowo, mengatakan angka konsumsi ikan (AKI) nasional terus mengalami peningkatan dari tahun ke tahun. Pada 2019, AKI tercatat 54,49 kilogram (Kg) per kapita.

Menteri Edhy menargetkan, angka konsumsi ikan masyarakat pada 2024 bisa mencapai 62,05 Kg/kapita. "Kami menargetkan konsumsi ikan masyarakat pada tahun 2024 yaitu 62,05 kilogram per kapita," kata Menteri Edhy dalam Webinar Nasional bertajuk, Gemar Makan Ikan untuk Pencegahan Stunting, Jakarta, Sabtu (22/8).

Demi mencapai tujuan tersebut, Kementerian Kelautan dan Perikanan saat ini tengah menjalankan Inpres Nomor 1 Tahun 2017 tentang Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas). Dalam hal ini kementerian pimpinan Edhy ini bertugas untuk meningkatkan dan memperluas Gerakan Memasyarakatkan Ikan (GEMARIKAN) kepada masyarakat.

Selain itu, KKP jua bertugas untuk mengawasi mutu dan keamanan hasil perikanan. "Kami juga melakukan peningkatan produk ikan tangkap dan budidaya yang menjaminan produk hasil perikanan," kata Menteri Edhy.

Caranya dengan memberikan dukungan pembangunan sarana dan prasarana ikan, rehabilitasi pasar ikan, pembanguan sentra kuliner, dan membuat ice flake machine (FIM). Hal ini dilakukan dalam rangka penguatan untuk menyediakan konsumsi ikan dalam negeri.

Baca Selanjutnya: Awasi Ketat Mutu Perikanan...

Halaman

(mdk/bim)

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami