Pemerintah Target Semua Rumah Sakit dan Puskesmas Tersambung Internet di 2021

Pemerintah Target Semua Rumah Sakit dan Puskesmas Tersambung Internet di 2021
Menkominfo Johnny G Plate. ©2019 Merdeka.com/Yayu Agustini Rahayu
UANG | 5 Oktober 2020 11:47 Reporter : Sulaeman

Merdeka.com - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) terus berupaya memperluas penggunaan akses internet di sektor kesehatan. Pemanfaatan internet diharapkan agar masyarakat dapat memperoleh pelayanan kesehatan yang lebih baik

Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), Johnny G Plate menargetkan seluruh fasilitas kesehatan baik Rumah Sakit (RS) maupun Puskesmas di seluruh Indonesia akan tersambung layanan Internet pada 2021 mendatang. Johnny mencatat hingga saat ini ada 3.126 RS maupun Puskesmas yang belum memperoleh akses internet dari total 10.133 fasilitas kesehatan yang tersedia.

"Akses internet untuk fasilitas kesehatan yang mencakup rumah sakit dan Puskesmas ada 3.126 yang selama ini belum terjangkau internet baik rumah sakit maupun Puskesmas, dari total 10.133 rumah sakit dan Puskesmas yang ada," ujar dia dalam webinar 'Pelatihan Digital UMKM di Indonesia', Senin (5/10).

Johnny merinci, pada tahun ini ditargetkan ada 2.500 fasilitas kesehatan yang tergabung dalam ekosistem digital. Kemudian sisanya akan diarahkan pada 2021 mendatang.

"Untuk sisanya nanti akan diselesaikan dengan menggunakan tahun anggaran 2021. Dengan demikian di akhir tahun 2021 nanti seluruh Puskesmas dan rumah sakit di Indonesia sudah harus melalui akses wifi atau internet," tukasnya.

Baca Selanjutnya: Butuh Rp25 Triliun Bangun Infrastruktur...

Halaman

(mdk/idr)

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami