Pemerintah Terbitkan Perpres Baru Agar Program Prakerja Tepat Sasaran

Pemerintah Terbitkan Perpres Baru Agar Program Prakerja Tepat Sasaran
UANG | 13 Juli 2020 17:51 Reporter : Merdeka

Merdeka.com - Pemerintah telah menerbitkan Peraturan Presiden (Perpres) No 76/2020. Perpres yang diteken 7 Juli ini mengubah Perpres Nomor 36 Tahun 2020 tentang Pengembangan Kompetensi Kerja Melalui Program Kartu Prakerja.

"Terkait dengan penerbitan perpres 76/2020 ini, kita ingin meningkatkan tata kelola dari program kartu prakerja," ujar Sekretaris Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Susiwijono Moegiarso dalam Konferensi Pers tentang Kartu Prakerja (Perpres 76/2020) di Gedung Ali Wardhana, Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Jakarta, Senin (13/7).

Susi menilai pemerintah perlu untuk melakukan penyesuaian regulasi agar implementasi dari program ini dapat tepat sasaran. Mengingat dampak pandemi terhadap berbagai sektor yang berimbas pada sumber daya manusia.

"Revisi dari Perpres ini sudah mendengarkan masukan dari seluruh pemangku kepentingan termasuk masyarakat luas yang melalui berbagai media kita tampung, kita kompilasi semua masukannya. Hasil evaluasi yang dilakukan komite cipta kerja dengan seluruh stakeholder yang terkait," beber Susi.

1 dari 1 halaman

Susi menjelaskan, dalam merespon pandemi covid-19, Kartu Prakerja difungsikan sebagai salah satu instrumen untuk penyaluran bantuan sosial. Di mana tujuan awalnya sebagai program bagi pencari kerja untuk meningkatkan keterampilan mereka.

"Karena itulah dalam pelaksanaannya, karena ada pergeseran baik dari sisi tujuan dan teknis pelaksanaannya ada beberapa yang harus disesuaikan di tingkat regulasi dan aturannya," kata Susi.

Melalui Perpres 76/2020 ini, lanjut Susi, Pemerintah ingin memastikan bahwa kartu prakerja tepat sasaran dan tepat guna. Juga penguatan dan peningkatan dari kualitas program dan kebijakan, terutama di masa pandemi ini.

Reporter: Pipit Ika Ramadhani

Sumber: Liputan6

(mdk/bim)

Baca juga:
Alasan Program Pelatihan Kartu Prakerja Tak Diperlukan Selama Ada Pandemi
Indef Minta Jokowi Hentikan Program Prakerja Sebab Anggaran Terbatas
KPK Nilai Perpres Kartu Prakerja Sudah Memuat Rekomendasinya
KPK Harap Program Kartu Prakerja Diperbaiki Secara Menyeluruh
Digitalisasi Program Kartu Prakerja Dinilai Minimalkan Praktik Korupsi
CEK FAKTA: Tidak Benar Rp502 T Anggaran Covid-19 Dialihkan untuk Kartu Prakerja
Jokowi Terbitkan Revisi Perpres Kartu Prakerja, Ini Ketentuan Barunya

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami