Pemerintah Waspadai Meluasnya Dampak Virus Corona pada Ekonomi

UANG | 28 Januari 2020 11:59 Reporter : Dwi Aditya Putra

Merdeka.com - Menteri Koordinator Perekonomian, Airlangga Hartarto, khawatir dampak ekonomi terkait adanya virus corona asal China meluas. Menurutnya, isu ini akan menjadi masalah baru bagi perekonomian dunia.

"Yang terbaru adalah outbreak corona di China. Tentu ini kan menjadi persoalan-persoalan baru untuk perekonomian dunia," kata Menko Airlangga di Jakarta, Selasa (28/11)

Menko Airlangga menyebut, dampak paling terasa dari adanya virus corona yakni akan berimbas pada kondisi pariwisata Indonesia. Di mana, wisatawan mancanegara asal China akan turun drastis. "Sudah pasti pariwisata dari China akan terganggu," kata dia.

Kendati begitu, dirinya mengaku masih akan terus melihat perkembangan dari permasalahan ini. Mengingat, virus corona ini dampaknya tidak hanya di regional saja melainkan juga global. "Jadi kita lihat saja perkembangannya," tandas dia.

1 dari 1 halaman

Kemenparekraf Incar Turis Selain dari China

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) tengah mencari cara agar kunjungan wisatawan asing ke Indonesia tidak melorot pada tahun ini. Mengingat salah satu potensi wisata turis asal China tengah berdampak akibat adanya wabah virus corona.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Wishnutama mengatakan, untuk kondisi saat ini pihaknya tidak ingin bergantung dari China. Sebab, banyak potensi lain yang besar dan akan dikejar utamanya di negara-negara bagian Eropa.

"Banyak potensi lain terutama yang jarak jauh. Amerika, Eropa. Pariwisata mencari potensi dari negara lain. Pariwisata kita tidak boleh ke satu negara, strategi kita juga wisatawan yang berkualitas," kata dia di Kementerian Perhubungan, Jakarta, Senin (27/1).

Tak hanya menyasar ke bagian Eropa, pihaknya juga akan mengincar beberapa wisatawan asing yang potensinya cukup tinggi. Di antaranya adalah Australia dan New Zealand.

(mdk/bim)

Baca juga:
Tunggu WHO Soal Corona, RI Belum Keluarkan Travel Warning ke China
Harga Minyak Dunia Turun 10 Persen Akibat Virus Corona, Harga BBM Bakal Murah?
Pemerintah Jelaskan Alasan Belum Keluarkan Travel Warning ke China
Pimpinan Komisi I DPR Minta Kemenlu Bantu Evakuasi 12 Mahasiswa Aceh di Wuhan
Antisipasi Corona, Wagub Kaltim Minta Warga Tidak Bepergian ke China
MUI: Barang-Barang China Dikhawatirkan Bawa Virus Corona
8 Mahasiswa di China Pulang ke Aceh Hari Ini

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.