Penanganan Sektor Kesehatan Kunci Atasi Krisis Akibat Pandemi Covid-19

Penanganan Sektor Kesehatan Kunci Atasi Krisis Akibat Pandemi Covid-19
UANG | 24 November 2020 13:48 Reporter : Anisyah Al Faqir

Merdeka.com - Ketua Satgas Pemulihan dan Transformasi Ekonomi Nasional (PEN), Budi Gunadi Sadikin mengatakan sektor UMKM memang harus dibantu karena paling terdampak selama perlambatan ekonomi akibat pandemi Covid-19. Apalagi, sektor ini paling banyak menyerap tenaga kerja dan memberikan sumbangsih kepada PDB nasional.

"UMKM menyerap tenaga kerja yang besar, sumbangan GDP juga besar," kata Budi dalam acara CEO Networking 2020 secara virtual, Jakarta, Selasa (24/11).

Secara alamiah, ketika terjadi krisis, Budi mengatakan masyarakat yang terdampak harus diberikan bantuan. Harapan terjadinya multiplier effect setelah diberikan bantuan pemerintah tidak serta merta mendorong perputaran perekonomian seperti semula.

Sebanyak apapun bantuan yang diberikan pemerintah tidak akan membuahkan hasil bila sektor kesehatan tidak segera ditangani.

"Sebanyak apapun untuk perlindungan sosial, untuk UMKM tapi sampai tahun depan, 2 tahun ke depan tidak akan selesai. Multiplier effect gak akan terjadi," kata dia.

Sebab, masalah utama krisis kali ini dari sektor kesehatan. Sektor ini membuat orang tidak bisa berinteraksi sosial yang menghasilkan pergerakan perekonomian.

"Karena masalahnya dari sisi sektor kesehatan, itu yang harus dibereskan," kata dia.

Untuk itu, penanganan yang tepat menurut Wakil Menteri BUMN ini dengan melakukan isolasi bagi masyarakat yang terpapar. Menjalankan protokol kesehatan dengan disiplin tinggi. Sehingga masyarakat yang sehat tidak takut untuk keluar rumah dan menjalankan aktivitas seperti biasanya.

"Treatment isolasinya, jaga jarak, kemudian program-program kalau sakit dirawat, setelah sembuh jadi tidak takut," kata dia. (mdk/idr)

Baca juga:
UU Cipta Kerja dan Vaksin Covid-19 Jadi Kunci Pemulihan Ekonomi
Ketua Banggar DPR: Ekonomi Indonesia Masuki Fase Titik Balik Pemulihan
Ketua OJK Sebut Tanda Pemulihan Ekonomi Indonesia Mulai Terlihat
Ketua Satgas PEN: Jangan Gunakan Kebijakan Lama Atasi Krisis Akibat Pandemi Covid-19
Bansos Corona Diklaim Sri Mulyani Sukses Jaga Tingkat Kemiskinan di Satu Angka

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami