Pencegahan Korupsi yang Kuat Dorong Indonesia Keluar dari Middle Income Trap

Pencegahan Korupsi yang Kuat Dorong Indonesia Keluar dari Middle Income Trap
Menko Airlangga Hartarto. ©Lutfi/Humas Ekon
UANG | 13 April 2021 11:53 Reporter : Merdeka

Merdeka.com - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menekankan pentingnya pencegahan korupsi untuk mendorong Indonesia menjadi negara yang lebih maju. Menurutnya, adanya UU Cipta Kerja dapat memberi andil besar dalam pencegahan korupsi dan mendorong transformasi ekonomi.

"Pemerintah mendorong transformasi ekonomi nasional dengan harapan Indonesia mampu keluar dari middle income trap. Pencegahan korupsi jadi hal yang utama dalam transformasi tersebut," ujar Airlangga dalam acara Peluncuruan Aksi Pencegahan Korupsi Stranas PK 2021-2022.

Airlangga menilai, UU Cipta Kerja mendorong proses perizinan yang transparan dan akuntabel di seluruh sektor ekonomi dan keuangan, demikian pula di sektor perdagangan dengan tata niaga berbasis neraca komoditas.

UU Cipta Kerja diharapkan juga mendorong transparansi sektor tata ruang, pertanahan, sektor usaha, kepastian investasi, memudahkan UMKM, hingga memberikan peningkatan jaminan hukum bagi usaha.

Airlangga menekankan, upaya pencegahan korupsi harus menjadi prioritas karena adanya korupsi dapat menghambat laju investasi, pertumbuhan ekonomi dan pembukaan lapangan kerja. "Peluncuran aksi pencegahan korupsi ini diharapkan menjadi arah kebijakan yang diimplementasikan seluruh pemangku kepentingan," tandasnya.

Reporter: Athika Rahma

Sumber: Liputan6.com (mdk/azz)

Baca juga:
Menko Airlangga: Kinerja Vaksinasi Indonesia Lebih Baik dari Dunia
Musrenbang Jabar 2022, Ridwan Kamil Minta Anak Buah Tak Hanya Mengandalkan APBD
Wamendag: Sektor Jasa Berperan Penting dalam Pemulihan Ekonomi
Sri Mulyani Sebut Pemulihan Ekonomi Membaik Berkat Vaksinasi Covid-19
Bos BI soal Proyeksi Pertumbuhan Ekonomi: Kita Lebih Optimis dari IMF
IMF Turunkan Proyeksi Pertumbuhan Ri di 2021, Ini Kata Sri Mulyani

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami