Pendaftaran CPNS 2019 Segera Dibuka, Simak Info Terbaru Termasuk Soal Jadwal Tes

UANG | 27 September 2019 06:00 Reporter : Merdeka

Merdeka.com - Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB) membuka lowongan 197.111 formasi CPNS 2019. Di mana, sebanyak 37.854 formasi dialokasikan untuk kementerian dan lembaga pusat dan 159.257 formasi didistribusikan untuk 467 pemerintah daerah.

Pada seleksi CPNS tahun ini, Sekretaris Kemenpan-RB Dwi Wahyu Atmaji mengatakan, pemerintah juga menyediakan kuota khusus formasi untuk pelamar penyandang disabilitas, cumlaude, diaspora serta Putra Papua/Papua Barat. Kendati demikian, Dwi belum dapat memastikan jumlah kuota khusus itu.

Badan Kepegawaian Nasional (BKN) menggandeng sejumlah instansi pusat dan daerah untuk mendukung pelaksanaan seleksi penerimaan calon pegawai negeri sipil (CPNS) 2019. Setidaknya ada 108 titik lokasi pelaksanaan tes CPNS di seluruh Indonesia.

"Mengenai titik lokasi, di mana BKN sudah menyiapkan 108 titik di seluruh wilayah Indonesia," ujar Kepala Biro Hubungan Masyarakat Badan Kepegawaian Negara (BKN) Mohammad Ridwan.

Berikut sejumlah informasi lain bagi peminat mengikuti CPNS 2019 yang dirangkum merdeka.com.

1 dari 4 halaman

1. Oktober Pendaftaran Diumumkan

Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB) membuka lowongan sebanyak 197.111 formasi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2019.

"Kami harapkan Oktober ini mulai diumumkan rencana pengadaan CPNS ini," kata Sekretaris Kemenpan-RB Dwi Wahyu Atmaji, seperti mengutip Antara.

2 dari 4 halaman

2. Proses Tes Direncanakan Desember

Kemenpan-RB membuka lowongan sebanyak 197.111 formasi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2019. Sebanyak 37.854 dialokasikan untuk kementerian dan lembaga di tingkat pusat dan 159.257 formasi didistribusikan untuk 467 pemerintah daerah.

"Prosesnya bisa dilaksanakan Desember 2019," kata Sekretaris Kemenpan-RB Dwi Wahyu Atmaji, seperti mengutip Antara.

3 dari 4 halaman

3. Siapa yang Dibutuhkan?

Pada tahun ini, formasi yang diprioritaskan adalah tenaga teknis yang mendukung pengembangan nasional terutama guru dan tenaga kesehatan serta tenaga teknis lainnya untuk pengembangan SDM dan Infrastruktur.

Sementara untuk kebutuhan daerah, Sekretaris Kemenpan-RB Dwi Wahyu Atmaji memastikan akan lebih diutamakan guru dan tenaga kesehatan.

"Kita sedang memperbaiki komposisi, pegawai kita sekarang masih didominasi oleh pegawai administrasi umum. Nah kita ingin mengubah, yang lebih kita prioritaskan adalah tenaga teknis," kata dia.

4 dari 4 halaman

4. Peserta CPNS 2018 Bisa Langsung Lolos Tes SKD Dengan Syarat

Sekretaris Kemenpan-RB Dwi Wahyu Atmaji mengatakan untuk penerimaan CPNS 2019, para pelamar yang pada seleksi CPNS 2018 lulus PI atau seleksi kompetensi dasar (SKD) tetapi tidak bisa lulus menjadi PNS dapat menggunakan nilai yang lama dan bisa langsung mengikuti Seleksi Kompetensi Bidang (SKB).

"Mereka diberi kesempatan untuk menggunakan nilai yang lama jadi bisa langsung ikut SKB. Namun demikian apabila mereka ingin mengulang mengikuti seleksi SKD mereka diberi kesempatan mengulang dan yang akan dipergunakan adalah nilai yang lebih baik," kata dia.

(mdk/bim)

Baca juga:
Pemkab Bogor Usulkan 1.250 Formasi CPNS dan P3K
Aturan Baru, CPNS Kini Dapat Cuti Melahirkan Saat Masa Percobaan
Tengok, 4 Informasi Terbaru Tentang Penerimaan CPNS dan PPPK 2019
Pemerintah Pastikan Buka Penerimaan PNS Baru Tiap Tahun Hingga 2024
Pemerintah Buka Lowongan 100.000 CPNS Usai Pelantikan Presiden Jokowi
Siap-Siap, Penerimaan CPNS Dibuka Oktober 2019
Demi Perbaikan Sistem, Ombudsman Tetap Lanjutkan Laporan drg Romi

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.