Penyaluran Gas PGN Meningkat Hingga Mei 2019

UANG | 17 Juni 2019 17:56 Reporter : Merdeka

Merdeka.com - PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGN) mengklaim telah meningkatkan penyaluran gas alam selama periode Januari-Mei 2019. Hal ini dipicu oleh penugasan penyaluran gas alam yang diamanatkan kepada perusahaan selaku sub holding gas.

Sekretaris Perusahaan PGN, Rachmat Hutama mengatakan, proses holding migas dan peran PGN sebagai subholding gas telah menggenjot kinerja penyaluran gas bumi.

Berdasarkan catatan PGN, penyaluran gas alam mencapai 6.118.426 M3, selama Januari-Mei 2019. Dibanding tahun lalu, volume itu melonjak 43,5 persen, selama periode sama tahun lalu volume yang disalurkan sebesar 4.265.823 M3.

"Naik hampir 50 persen untuk periode lima bulan saja, kami harapkan kenaikan yang signifikan inipun akan terus melonjak hingga akhir tahun," kata Rachmat di Jakarta, Senin (17/6).

Dia menambahkan, ‎secara total, gas alam yang disalurkan dalam ukuran MMSCF, pun ikut melonjak. ‎Selama lima bulan pertama 2019, volume yang disalurkan sebesar 216,07 MMSCF, naik 43,1 persen dibandingkan 151 MMSCF pada periode sama tahun lalu.

Dia menilai, lewat integrasi infrastruktur gas setelah bergabungnya PT Pertamina Gas (Pertagas) di bawah PGN selaku sub holding gas, mampu mendongkrak nilai efisiensi dan efektivitas.

Dari catatan internal, pada 2018, total volume yang disalurkan mencapai 11.469.504 M3 dan sebesar 405 MMSCF. "Tahun ini, kami pastikan volume itu akan terdongkrak secara signifikan," tegas Rachmat.

‎Rachmat mengungkapkan, secara perlahan holding migas di bawah PT Pertamina (Persero) akan memperkuat ketahanan energi nasional. Secara khusus, ia menuturkan, pengembangan dan penguatan infrastruktur akan berjalan secara massif dalam jangka waktu ke depan.

"Kalau saat ini saja pasca holding, PGN telah mengelola infrastruktur distribusi dan transmisi gas paling besar di Tanah Air. Namun jumlah itu belum cukup, kami bahu membahu dengan pemerintah untuk memperluas dan memeratakan distribusi gas alam yang terbukti efisien dan aman bagi masyarakat kita," kata dia.

Reporter: Pebrianto Eko Wicaksono

Sumber: Liputan6.com

Baca juga:
PGN dan PLN Sepakat Dongkrak Penggunaan Gas di Sektor Kelistrikan
PGN Jamin Pasokan dan Layanan Aman Sepanjang Libur Lebaran 2019
Bos PGN: Pergantian Direksi Saka Energi Rotasi Reguler
3 BUMN Ini Dapat Peringkat idAAA
Anak Usaha PGN Layani Kebutuhan Jaringan Internet untuk Semen Baturaja
PGN: Ledakan di Jalan Kruing Medan Bukan dari Pipa Gas Kita

(mdk/idr)

TOPIK TERKAIT