Pengaspalan Lapisan 3 Sirkuit Mandalika Ditargetkan Rampung Agustus Tahun Ini

Pengaspalan Lapisan 3 Sirkuit Mandalika Ditargetkan Rampung Agustus Tahun Ini
Mandalika. ©Kementerian PUPR
EKONOMI | 22 Juni 2021 20:10 Reporter : Anisyah Al Faqir

Merdeka.com - Pemerintah Indonesia terus melakukan sejumlah persiapan untuk ajang internasional Moto GP dan Superbike di Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat. Saat ini, sirkuit Mandalika sedang tahap pengaspalan lapisan ketiga. Proses ini diperkirakan akan selesai pada Agustus tahun ini.

"Mandalika progresnya terus kita siapkan. Sirkuit menuju ke lapisan ketiga dan selesai di Agustus," kata Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno dalam Weekly Press Briefing Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Jakarta, Selasa (22/6).

Selain itu, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) sedang dalam proses pembangunan infrastruktur. Proses ini kata Sandiaga sudah mencapai 70 persen.

Perluasan bandar udara, Zainuddin Abdul Madjid sudah mencapai 99 persen. Bandara internasional ini hanya tinggal menunggu diresmikan Presiden Joko Widodo atau pejabat yang berwenang.

"Bandara tinggal diresmikan. Landasan tinggal finalisasi, jadi kami sangat siap," kata dia.

Hanya saja berbagai ekspektasi yang diharapkan dari mega proyek pemerintah ini masih tersandung dampak pandemi Covid-19. Kemungkinan dalam pelaksanaannya, Pemerintah akan membatasi jumlah penonton yang bisa menyaksikan secara langsung.

"Kalau memungkinkan kita akan sesuaikan jumlah penonton yang hadir secara langsung," kata Mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta ini.

Meski begitu diharapkan pelaksanaan ajang internasional ini bisa berdampak pada ekonomi lokal. Membuka lapangan pekerjaan baru untuk masyarakat penyangga kawasan wisata.

"Diharapkan ini berdampak ke ekonomi lokal dan bisa membuka peluang kerja baru," kata dia. (mdk/idr)

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami