Pengerjaan 3 Simpang Susun Tol Solo-Ngawi Masih Terkendala

Pengerjaan 3 Simpang Susun Tol Solo-Ngawi Masih Terkendala
UANG | 14 Februari 2019 19:12 Reporter : Arie Sunaryo

Merdeka.com - Proyek pembangunan jalan tol Trans Jawa ruas Solo-Ngawi masih menyisakan pengerjaan 3 simpang susun. Ketiga simpang susun tersebut adalah akses menuju Bandara Internasional Adi Soemarmo Solo, Gondangrejo Karanganyar serta Sragen timur.

Direktur Utama PT Jasamarga Solo-Ngawi (JSN), David Wijayatno menargetkan akhir tahun 2019 ketiga simpang susun tersebut sudah selesai pengerjaannya. Dia mengakui adanya kendala sehingga membuat pengerjaan proyek terhambat.

"Kami ini masih punya PR (pekerjaan rumah) untuk menyelesaikan 3 simpang susun baru. Yang Gondangrejo progresnya sudah 95 persen, tinggal finishing saja, Insya Allah bulan depan selesai," ujar David seusai menerima kunjungan kerja Anggota Komisi VI DPR RI di rest area 519 A Tol Trans Jawa ruas Solo-Ngawi, Kamis (14/2).

Namun sebelum difungsikan, masih harus melalui prosedur uji lab fungsi dan penetapan tarif dari pemerintah. Sehingga diperkirakan pada akhir Maret atau awal April sudah difungsikan.

Sedangkan untuk simpang di Bandara Adi Soemarmo, masih terkendala relokasi rumah dinas TNI AU. Karena di titik tersebut terdapat 50 rumah dinas TNI AU dan untuk penetapan lokasi (penlok) relokasi masih dimatangkan.

"Untuk di Sragen timur masih dilakukan inventarisasi pembebasan lahan. Untuk pembebasan lahan dibutuhkan tiga sampai empat bulan dan kita butuh waktu enam bulan untuk pembangunan," jelasnya.

Hingga saat ini, pihaknya masih meneruskan pembangunan rest area. Dari 8 rest area yang akan dibangun, baru 6 yang sudah digunakan. Untuk rest area di titik 575 sudah dalam penyelesaian dan ditargetkan April selesai.

"Untuk rest area di km 554 belum dimulai hingga saat ini karena kewajiban dari Perhutani. Lahan tersebut merupakan milik Perhutani dan Perhutani ditunjuk mengelola dua rest area," katanya lagi. (mdk/idr)

Baca juga:
Komisi VI DPR Nilai Tarif Tol Solo-Ngawi Mahal & Belum Mampu Berikan Nilai Tambah
Perbaikan Talut yang Longsor Selesai, Jalur Tol Semarang-Solo Kembali Normal
Perbaikan Talut Tol Semarang - Solo Selesai Siang Ini
Tim Prabowo Sebut Jokowi Berprestasi Bangun Tol Kerupuk
Kabar Jalan Tol Salatiga-Kartasura Ambrol Hoaks, Ini Faktanya
Tol Semarang-Solo Ambrol, PT JSN Waspadai Sejumlah Titik

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami