Penggabungan 3 Bank BUMN Syariah Diharapkan Bisa Perluas Akses ke Segmen Mikro

Penggabungan 3 Bank BUMN Syariah Diharapkan Bisa Perluas Akses ke Segmen Mikro
OJK. ©2018 Merdeka.com
UANG | 29 Desember 2020 13:00 Reporter : Dwi Aditya Putra

Merdeka.com - Ketua Dewan Komisoner Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Wimboh Santoso menyebut bahwa penggabungan tiga bank BUMN syariah akan menjadi katalis baru perkembangan ekonomi syariah di Tanah Air. Dia berharap penggabungan ini akan semakin memperluas akses mikro yang selama ini belum tersentuh.

"Untuk itu kita harapkan ke depan bisa akses ke segmen mikro UMKM ke daerah dengan cepat dan dibantu dengan teknologi," kata dia dalam acara Sharia Business & Academic Sinergy, yang digelar virtual, Selasa (29/12).

Seperti diketahui, tiga bank syariah pelat merah baru saja menandatangani akta penggabungan perusahaan sebagai langkah awal merger. Tiga bank tersebut yakni PT Bank BRIsyariah Tbk, PT Bank Syariah Mandiri, dan PT Bank BNI Syariah akan berganti nama menjadi PT Bank Syariah Indonesia Tbk. (BSI).

"Tiga bank yang akan dimerger telah melakukan penandatanganan akta penggabungan, ini sebagai langkah awal merger yang akan dilakukan yang sedianya di Februari 2021," kata Wakil Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Kartika Wirjoatmodjo, dalam Konferensi Pers Penandatanganan Akta Penggabungan Tiga Bank Syariah Milik Himbara, Jakarta, Rabu (16/12).

Tiko memandang, ketiga bank syariah BUMN INI memiliki keunggulan masing-masing. Bank BRI Syariah unggul di segmen mikro. Bank BNI unggul di segmen consumer. Sedangkan, Bank Mandiri Syariah unggul di segmen wholesale. Sehingga bila digabungkan memiliki kompetensi yang lengkap.

"Gabungan bank ini akan ini punya kompetensi yang lengkap," kata dia.

Apalagi didukung dengan teknologi, resources, risk management, yang sudah ada. Sehingga membuat BSI Sejak awal menjadi berkesinambungan dan kompetitif.

Terpenting, kata Tiko, bisa meningkatkan platform yang berlandaskan ekonomi islam maupun dari produk halal menjadi jadi ekosistem baru. Sehingga bisa jadi semakin baik dengan berbagai inovasi dan pendanaan dari BSI. (mdk/idr)

Baca juga:
Bank Syariah Indonesia Fokus Utamakan Nasabah dan Pelaku UMKM
Syariah Adalah Perintah Allah, Berikut Penerapannya dalam Dunia Perbankan
Muhammadiyah Segera Terbitkan Juknis Dana di Bank Syariah Indonesia
Bos BI Nilai Merger 3 Bank BUMN Syariah Bakal Tingkatkan Ekonomi Syariah
Incar Investor Dunia, Bank Syariah Indonesia Bakal Terbitkan Sukuk Global
Berikut Rencana Bisnis Bank Syariah Indonesia 2021-2023

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami