Pengusaha Usul Minyak Goreng Curah Pemerintah Bebas PPN

Pengusaha Usul Minyak Goreng Curah Pemerintah Bebas PPN
Mendag Zulkifli Hasan luncurkan Minyakita. ©Liputan6.com/Maulandy
EKONOMI | 6 Juli 2022 19:04 Reporter : Merdeka

Merdeka.com - Kementerian Perdagangan baru saja meluncurkan produk minyak goreng curah kemasan dengan merek Minyakita. Pelaku industri minyak goreng pun diminta untuk turut memasarkan produk ini.

Direktur Eksekutif Gabungan Industri Minyak Nabati Indonesia (GIMNI) Sahat Sinaga masih skeptis terhadap kesuksesan brand tersebut. Menurut dia, seharusnya produk Minyakita bisa dijual jauh lebih murah dibanding harga minyak goreng curah yang kini banyak beredar di tengah masyarakat.

"Jadi bagaimana produk ini segera diterima market? Caranya adalah harga lebih murah dari curah. Harus lebih murah supaya orang pindah," seru Sahat di Jakarta, Rabu (6/7).

Adapun produk Minyakita dibanderol dengan batas maksimal sesuai harga eceran tertinggi (HET), yakni Rp 14.000 per liter. Pemerintah pun memperbolehkan pengusaha menjualnya lebih murah lagi, asalkan tidak melebihi batas harga yang ditetapkan.

Supaya itu bisa terlaksana, Sahat meminta pemerintah membebaskan pengenaan tarif pajak pertambahan nilai (PPN) untuk setiap produknya. "Strateginya gimana? Pemerintah ikut. Caranya gimana? PPN-nya dinolkan. Langsung jomplang (harganya), dan orang langsung serbu ke mari," ucap Sahat.

Di sisi lain, Sahat pun menyayangkan sikap pemerintah yang terkesan masa bodo dengan peredaran minyak goreng curah di tengah masyarakat yang banyak tak terjaga mutu kualitasnya. "Saya sangat sayangkan kenapa Kemenkes diem selama ini terhadap minyak goreng curah. Minyak jelantah dipakai, orang penyakitan, dia enggak pernah periksa itu," tuturnya.

Reporter: Maulandy Rizky Bayu Kencana

Sumber: Liputan6.com

Baca juga:
2 Perusahaan Produksi Minyakita, 7 Lainnya Segera Menyusul
Pengusaha Ragu Program Minyakita Bisa Atasi Kisruh Harga Minyak Goreng
Pengusaha Dapat Jatah Minyak Goreng Curah 3 Juta Ton per Tahun, Dijual Rp14.000
Minyak Goreng Curah Kemasan Sederhana Seharga Rp14.000 Bakal Dijual di Minimarket
Usai Urus Polemik Minyak Goreng, Zulkifli Hasan: Urusan di Kemendag Tak Kelar-Kelar
Besok, Mendag Bakal Luncurkan Minyak Goreng Kemasan Sederhana Seharga Rp14.000

Baca berita pilihan dari Merdeka.com

Mari bergabung di Grup Telegram

Merdekacom News Update

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Opini