Penuhi Kebutuhan Kopi, Holding Perkebunan Nusantara Bidik Pasar Lokal

UANG | 2 Oktober 2019 15:01 Reporter : Idris Rusadi Putra

Merdeka.com - PTPN Group, melalui PT Perkebunan Nusantara IX atau PTPN IX berencana meningkatkan kinerja penjualan produk ritel perusahaan di dalam negeri. Hal ini menyusul tingginya animo masyarakat Indonesia terhadap produk jadi kopi dan teh.

"Selama ini kami memang menggarap pasar ekspor dan hampir 100 persen produk PTPN IX diekspor. Kami baru sadar bahwa pasar lokal kopi itu juga luar biasa," ujar Direktur Komersil PTPN IX Rudi Harjito, Rabu (2/10).

Seperti yang diketahui, jajaran PTPN IX baru saja meresmikan gerai Banaran 9 Coffee and Tea di Magelang, Jawa Tengah. Dengan adanya gerai baru tersebut, saat ini anggota dari Holding Perkebunan Nusantara itu telah memiliki 14 gerai yang tersebar di sejumlah wilayah.

Rudi menerangkan, konsep gerai ke-14 yang baru saja diresmikan mengusung konsep cafe dan restoran. Selain menyuguhkan nuansa yang premium, gerai ini juga menyediakan sejumlah fasilitas seperti ruang rapat (meeting room).

"Ini pertama kalinya kita menerapkan sistem anorganik, kemitraan dengan pihak ketiga. ‎Investor menyediakan tempat, kita menjalankan sistem operasinya," kata dia.

Berangkat dari upaya ini, Rudi optimis keberadaan gerai Banara 9 Coffee and Tea akan menggenjot kinerja perusahaan khususnya dalam hal penjualan produk jadi kopi dan teh. Terlebih ketika saat ini kapasitas produksi kopi PTPN IX berkisar 600 sampai 800 ton untuk kebun seluas 1.000 hektare.

"Kalau dulu 100 persen kami ekspor dalam bentuk green bean. Tapi dalam 2 tahun terakhir Kami sudah banyak di lokal," pungkas Rudi.

Baca juga:
CEO Kopi Kenangan Edward Tirtanata: Kopi Berkualitas Tak Harus Mahal
Jurus Kopi Kenangan Gaet Pelanggan: Pertahankan Harga yang Tak Bikin Kantong Bolong
Alasan Kopi Kenangan Tak Masuk Bisnis Waralaba
Di Markas PBB, Wapres JK Soroti Anjloknya Harga Kopi Hingga 70 Persen
7 Hal yang Jangan Dilakukan Ketika Perut Sedang Kosong
4 Produk Olahan Hasil Bumi Indonesia Tembus Pasar Global

(mdk/idr)