Penuhi Pasokan Masyarakat, Kemenperin Jaga Produktivitas Industri Mamin

Penuhi Pasokan Masyarakat, Kemenperin Jaga Produktivitas Industri Mamin
UANG | 2 April 2020 10:49 Reporter : Dwi Aditya Putra

Merdeka.com - Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita menyebut, industri makanan dan minuman (mamin) menjadi salah satu sektor manufaktur andalan yang memberikan kontribusi signifikan bagi perekonomian nasional. Bahkan, industri mamin juga dikategorikan sebagai sektor strategis lantaran menjadi penyedia pangan bagi masyarakat.

"Apalagi, saat ini di tengah kondisi pandemi virus corona, kebutuhan pangan masyarakat semakin meningkat, seiring pula dengan adanya kebijakan untuk work from home (bekerja dari rumah)," kata Menteri Agus, di Jakarta, Kamis (2/4).

Untuk memenuhi kebutuhan yang tinggi tersebut, pihaknya terus menjaga produktivitas hingga distribusi sektor industri mamin di dalam negeri. Upaya ini agar pasokan pangan bagi masyarakat dapat terpenuhi dengan baik.

"Misalnya, demand susu yang cukup naik, karena termasuk untuk meningkatkan imun," ungkapnya.

Di sisi lain, Kemenperin juga memberikan apresiasi kepada pelaku industri mamin di dalam negeri yang tetap semangat memacu produktivitasnya di tengah kondisi tekanan ekonomi global sampai pada dampak dari pandemi Covid-19. Pihaknya juga mengaku siap mendengar masukan dari para pelaku industri mamin di tanah air demi kemajuan sektor strategis tersebut.

"Kemarin, kami telah melakukan video conference dengan sejumlah pelaku industri mamin, termasuk dengan pengurus Gabungan Pengusaha Makanan dan Minuman Seluruh Indonesia (GAPMMI)," imbuhnya.

1 dari 1 halaman

Sementara itu Ketua Umum GAPMMI, Adhi S Lukman menyampaikan, pihaknya bertekad mendukung pemerintah dalam upaya memenuhi kebutuhan pangan masyarakat di tengah kondisi sulit saat ini, termasuk dampak dari pandemi Covid-19.

"Kali ini, dunia usaha tidak lagi memikirkan untung rugi, tapi bagaimana bersama-sama dengan pemerintah mengatasi masalah saat ini, sehingga bisa recover cepat," paparnya.

Menurut Adhi, dari pengalaman beberapa negara, produk mamin olahan menjadi salah satu andalan untuk ketersediaan pangan saat menghadapi sebuah bencana atau musibah. Oleh karenanya, diperlukan pasokan bahan baku agar bisa menjaga produktivitas industri mamin.

"Kami telah menyampaikan kepada Bapak Menteri (Perindustrian), bahwa kami tetap ingin melakukan produksi dan distribusi sampai ke pusat perbelanjaan, bahkan sampai ke konsumen. Namun demikian, yang perlu diperhatikan, antara lain adalah kelancaran bahan baku dan arus logistik," terangnya. (mdk/azz)

Baca juga:
Kebutuhan Meningkat, Produksi Industri APD Nasional Terus Digenjot
Kemenperin Minta Industri Tekstil Ikut Tanggulangi Covid-19
Menperin Agus Dorong Industri Dalam Negeri Prioritaskan Produksi Alat Kesehatan
Permintaan Naik, Produksi Industri Deterjen dan Alat Kesehatan Terus Digenjot
Dua Pejabat Kemenperin Meninggal, Menteri Agus Sampaikan Duka Cita
Erick Thohir Soal Dirjen Kemenperin Meninggal: Semua Harus Menjaga Diri

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Alur BLT Dana Desa Hingga ke Tangan Warga - MERDEKA BICARA with Mendes Abdul Halim Iskandar

5