Penumpang Menumpuk, Penyesuaian Jadwal KRL Dibatalkan

Penumpang Menumpuk, Penyesuaian Jadwal KRL Dibatalkan
UANG | 23 Maret 2020 14:43 Reporter : Anggun P. Situmorang

Merdeka.com - PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) telah melakukan evaluasi atas penyesuaian jadwal operasional KRL Commuter Line yang berlangsung pagi ini. Dari hasil evaluasi, jadwal KRL akan kembali normal mulai sore ini pukul 15.00 (23/3) dan berlanjut normal hingga seterusnya.

Dengan normalisasi jadwal ini, KRL akan kembali beroperasi melayani 991 perjalanan per hari mulai pukul 04.00 hingga 24.00 WIB. Hal ini berlaku untuk seluruh 80 stasiun dan seluruh rute KRL.

"Dengan normalisasi jadwal ini, kami mengimbau pengguna untuk tetap beraktivitas dari rumah, kecuali kegiatan yang sangat perlu dan mendesak. Jadwal KRL Kembali normal tidak untuk dimanfaatkan bepergian dengan tujuan-tujuan yang tidak mendesak," jelas VP Corporate Communications PT KCI Anne Purba, Senin (23/3).

Seperti diketahui, kepadatan penumpang terjadi di dalam KRL. Ini disebut karena adanya penyesuaian jadwal KRL yang dimulai hari ini. Berdasarkan postingan akun Instagram @jktinfo, terlihat gambar penumpang KRL yang berdesakan.

Meskipun demikian, tidak dijelaskan secara rinci soal di KRL relasi mana foto tersebut diambil. "Senin (23/3) suasana penumpang KRL pagi ini," demikian isi caption postingan tersebut.

1 dari 1 halaman

Penyesuaian Jadwal

rev1

PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) melakukan penyesuaian jam operasional KRL Commuter Line mulai, Senin (23/3). Nantinya, KRL hanya beroperasi mulai pukul 06.00 hingga 20.00 WIB, yang akan berlaku hingga dua pekan mendatang. Hal ini guna mencegah penyebaran virus corona.

Sebelumnya, PT KCI telah melakukan berbagai upaya untuk mencegah penyebaran virus corona pada transportasi publik, khususnya KRL Commuter Line. Upaya tersebut termasuk pembersihan kereta secara intensif dengan disinfektan, pengukuran suhu tubuh pengguna, penyediaan hand sanitizer, hingga penerapan jarak sosial di stasiun dan kereta.

"Jam operasional seluruh lintas/rute KRL adalah mulai pukul 06.00 20.00 WIB, mengoperasikan 713 perjalanan KRL," kata VP Corporate Communications PT KCI Anne Purba melalui keterangan resminya, Minggu (22/3).

Anne menjelaskan, rincian jarak antar kereta/headway sebagai berikut:

1. Lintas Bogor/Depok Jakarta Kota PP : Headway pada pagi dan sore hari 10-15 menit.
2. Lintas Bogor/Depok/Nambo-Angke/Jatinegara PP: Headway pada pagi dan sore hari 10-15 menit.
3. Untuk lintas lain yaitu, Bekasi Jakarta Kota PP: Maja/Parungpanjang/Serpong - Tanah Abang PP; Tangerang - Duri PP dan; Tanjungpriok - Jakarta Kota PP: Headway pada pagi dan sore hari 15-30 menit.
4. Untuk relasi Rangkasbitung - Tanahabang dan Cikarang - Jakarta Kota sesuai jadwal eksisting dengan jam operasional 06:00 - 20:00 WIB. (mdk/azz)

Baca juga:
KRL Penuh Sesak Hingga Berdiri Pakai Satu Kaki, Social Distancing?
Mulai Besok, KRL Hanya Beroperasi dari Pukul 06.00 Hingga 20.00 WIB
CEK FAKTA: Pria Kejang-Kejang di KRL Bukan Karena Corona, Tapi Sakit Maag
Penjelasan KCI Soal Video Penumpang Sakit di Stasiun Pondok Cina
Ada Cek Suhu Tubuh, Antrean Penumpang KRL di Stasiun Sudirman Mengular
Pembatasan Dibatalkan, MRT dan KRL di Jakarta Mulai Lengang

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Agama Sejatinya Tidak Menyulitkan Umatnya - MERDEKA BICARA with Menteri Agama Fachrul Razi

5