Penyelamatan Jiwasraya, Presiden Jokowi Resmikan Holding BUMN Asuransi Hari Ini

Penyelamatan Jiwasraya, Presiden Jokowi Resmikan Holding BUMN Asuransi Hari Ini
Erick Thohir. ©2018 Merdeka.com/Intan Umbari
EKONOMI | 23 Desember 2019 11:28 Reporter : Anisyah Al Faqir

Merdeka.com - Menteri BUMN, Erick Thohir menyebut bahwa Presiden Joko Widodo akan menandatangani pembentukan holding BUMN asuransi. Ini merupakan langkah awal pemberian kepastian pengembalian pendanaan bagi nasabah PT Asuransi Jiwasraya.

"Nah di situ mungkin ada kira-kira Rp1,5 triliun - Rp2 triliun per tahun," kata Erick di Jakarta, Senin (23/12).

Erick mengatakan, solusi dari masalah ini harus dilakukan bertahap sebab tidak bisa dilakukan sekaligus. Pembentukan holding asuransi adalah upaya menyehatkan perusahaan asuransi ini.

Pembentukan holding asuransi ini kata Erick sebagai langkah awal mengatasi masalah yang ada di perusahaan asuransi negara. Akan ada langkah-langkah lainnya yang bakal dilakukan pemerintah sebagai solusi kepada para nasabah berupa kepastian pengembalian dana.

"Karena walau bagaimana ini uang publik, uang rakyat," ujarnya.

Erick memastikan akan ada langkah-langkah lanjutan dari sisi korporasi. Hanya saja dia belum mau membeberkan untuk menghindari salah persepsi di ruang publik.

Rencananya proses holding ini akan memakan waktu satu sampai dua bulan. Tujuannya ada pergerakan uang masuk (cash flow) lebih dulu. Cara ini sebagai wujud kehadiran pemerintah dalam memberikan solusi. "Apakah itu jadi bagian dari skenario pemerintah kan tidak, itu oknum," kata Erick.

Baca Selanjutnya: Sri Mulyani Sebut Kasus Jiwasraya...

Halaman

(mdk/idr)

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami