Penyelesaian Bendungan Tukul Molor 3 Tahun, Ini Penyebabnya

Penyelesaian Bendungan Tukul Molor 3 Tahun, Ini Penyebabnya
Bendungan Tukul. ©2021 Liputan6.com/Maulandy Rizky Bayu Kencana
UANG | 14 Februari 2021 19:00 Reporter : Merdeka

Merdeka.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah meresmikan Bendungan Tukul di Kabupaten Pacitan, Jawa Timur, Minggu 14 Februari 2021. Proses pengerjaannya terhitung cukup memakan waktu karena telah dilaksanakan sejak 2013 oleh kontraktor PT Brantas Abipraya (Persero).

Direktorat Jenderal Sumber Daya Air (Ditjen SDA) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mulanya menargetkan konstruksi Bendungan Tukul bisa rampung pada 2018. Namun kemudian baru bisa dilakukan pengisian awal air (impounding) pada 1 September 2020.

"Target awalnya 2018, dalam waktu 5 tahun. Terus ada perpanjangan-perpanjangan, baru bisa diisi tahun lalu, 2020," kata Direktur Bendungan dan Danau Ditjen SDA Kementerian PUPR Airlangga Mardjono di Bendungan Tukul, Pacitan, Minggu (14/2).

Airlangga lantas menceritakan kendala yang harus dihadapi selama masa pengerjaan Bendungan Tukul sejak 2013. Proses pembangunan diawali dengan tahap pembebasan lahan.

"Kemudian ada beberapa masalah teknis, penyesuaian kondisi antara perencanaan dengan pelaksanaan. Perlu penyesuaian-penyesuaian lah pada saat pelaksanaan," ungkapnya.

Pasca badan bangunan selesai dikerjakan, Bendungan Tukul tak serta merta langsung bisa diisi air. Airlangga mengatakan, perlu ada pemantauan tentang perilaku bendungan.

"Jadi dia mengisinya itu enggak boleh langsung cepet, enggak boleh langsung penuh. Bertahap, dengan dilepas air yang sebagian ke hilir. Jadi itu yang keliatannya bikin lama," jelas Airlangga.

Reporter: Maulandy Rizky Bayu Kencana (mdk/idr)

Baca juga:
Presiden Jokowi Beberkan Manfaat Bendungan Tukul di Pacitan
Jokowi Resmikan Bendungan Napun Gete, Tapin dan Sindang Heula Pekan Depan
Bendungan Tukul Diresmikan, Jokowi Harap Ketahanan Pangan di Pacitan Menguat
Dukung Produktivitas Pertanian, Pemerintah Kebut Pembangunan Bendungan Manikan di NTT
Jokowi akan Resmikan Bendungan Tukul di Pacitan

Sumber: Liputan6.com

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami