Per 22 Februari, 63.000 Penumpang Kereta Api Manfaatkan Tes GeNose

Per 22 Februari, 63.000 Penumpang Kereta Api Manfaatkan Tes GeNose
Arus mudik di Stasiun Gambir. ©2016 Merdeka.com/Muhammad Luthfi Rahman
EKONOMI | 23 Februari 2021 20:30 Reporter : Merdeka

Merdeka.com - PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau PT KAI mencatat telah memeriksa sekitar 63.000 penumpang kereta api jarak jauh menggunakan alat tes GeNose hingga 22 Februari 2021. Angka tersebut didapat setelah PT KAI menyebar 42 alat tes GeNose di 8 stasiun kereta api jarak jauh.

Direktur Utama PT KAI, Didiek Hartantyo mengatakan, mayoritas penumpang kereta jarak jauh lebih memilih menggunakan tes GeNose ketimbang rapid antigen, karena secara harga lebih murah dan tidak sakit saat diperiksa.

"Total sampai 22 Februari, yang masuk ada 63.000 penumpang yang sudah gunakan GeNose. Masyarakat ada preferensi gunakan GeNose karena murah dan tidak sakit," kata Didiek di Kantor Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Jakarta, Selasa (23/2).

Didiek memaparkan, sejauh ini pihaknya telah mendapati 617 kasus positif Covid-19 berkat hasil pemeriksaan GeNose, atau rata-rata 1 persen.

Dia menceritakan, alat tes GeNose mulanya digunakan oleh 1-2 ribu penumpang per hari pada masa awal implementasi di 2 stasiun. Angkanya semakin bertambah sejak pemakaiannya diperluas untuk 8 stasiun.

"Itu sekarang rata-rata 2-3 ribu penumpang yang gunakan GeNose. Kalau weekend ada sekitar 4-5 ribu orang," jelas Didiek.

Oleh karenanya, dia optimistis penggunaan alat tes GeNose bisa semakin diperluas untuk target total 44 stasiun. "Sesuai rencana kami tiap 10 hari kita akan perluas di 5 sampai 6 stasiun. Sehingga sampai ke 44 stasiun," pungkas Didiek.

Reporter: Maulandy Rizky Bayu Kencana

Sumber: Liputan6.com (mdk/idr)

Baca juga:
Diizinkan Menko Luhut, Tes GeNose akan Dipakai di Bandara Mulai 1 April 2021
Menteri Bambang Dorong Perbanyak Penggunaan GeNose untuk Pulihkan Ekonomi
Menhub Ingin Tes GeNose Berlaku di Banyak Stasiun hingga Perkantoran
Pemulihan Pariwisata Imbas Pandemi Tak Bisa Cuma dengan Digitalisasi
Menhub Budi Tinjau Pelayanan GeNose di Stasiun Bandung
Layanan GeNose Dibuka di Daop 3 Cirebon, Ini Syarat dan Ketentuannya

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami