Per 4 Juli 2018, Bank Mandiri telah salurkan KUR Rp 8,72 triliun

UANG | 9 Juli 2018 13:45 Reporter : Wilfridus Setu Embu

Merdeka.com - Kementerian badan usaha milik negara (BUMN) dengan didukung sejumlah perusahaan negara berkomitmen untuk mengangkat kesejahteraan petani lewat program Kewirausahaan Pertanian dan Digitalisasi Pertanian. Program ini diimplementasikan di sembilan kabupaten di Jawa Barat, yaitu Indramayu, Karawang, Purwakarta, Majalengka, Sumedang, Cianjur, Garut, Ciamis, dan Tasikmalaya.

Pejabat Eksekutif Bidang Hubungan Kelembagaan Bank Mandiri, Alexandra Askandar, mengatakan Bank Mandiri sudah menyalurkan kredit usaha rakyat (KUR) senilai Rp 8,72 triliun per 4 Juli. Tahun ini, perseroan menargetkan penyaluran KUR sebesar Rp 14,5 triliun.

Sementara, dia menambahkan, sejauh ini pihaknya telah menyalurkan pinjaman KUR senilai Rp 87,6 miliar khusus untuk petani di Kabupaten Indramayu. Selain itu, Bank Mandiri juga telah menyalurkan KUR senilai Rp 30,6 miliar untuk 1.163 petani di Kecamatan Sliyeg, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat.

"Kita masing-masing punya tugas untuk wirausaha. Kita support untuk proyek Telkom di Indramayu. Dari 58.820 kartu tani sudah didistribusikan 47.000, sudah 90 persen. Penyaluran KUR untuk Indramayu ada 2,500 petani, Rp 87,6 miliar," ungkapnya di Kementerian BUMN, Jakarta, Senin (9/7).

Sandra, sapaan akrabnya, mengatakan jumlah penerima dan penyaluran KUR akan terus meningkat seiring dengan perbaikan data dengan dukungan aplikasi digital pertanian hasil kembangan PT Telkom, bernama Logistik Tani (Logtan). "Yang bisa mendapatkan KUR adalah petani yang memiliki lahan juga menggarap, petani yang tidak punya lahan, tapi penggarap. Buruh tani belum termasuk mendapatkan kur yang dimaksud," jelas dia.

(mdk/bim)


PPh final 0,5 persen bukti keberpihakan pemerintah pada kekuatan ekonomi nasional
Suku bunga acuan naik, pemerintah kaji besaran subsidi KUR
Hingga April, Jamkrindo realisasikan jaminan kredit KUR Rp 30 triliun
Blusukan ke pasar, Sri Mulyani tinjau penyaluran kredit ultra mikro
Petani mitra Bulog dapat kredit hingga Rp 12 juta per hektar dari Bank Mandiri
Per April 2018, penyaluran KUR capai 38 persen dari target
Bos Bulog beberkan keuntungan pemberian KUR ke pengusaha penggilingan padi

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.