Per Hari ini, Rp129 Triliun Dana KUR Belum Terserap UMKM

Per Hari ini, Rp129 Triliun Dana KUR Belum Terserap UMKM
UANG | 13 Juni 2020 11:30 Reporter : Sulaeman

Merdeka.com - Menteri Koperasi dan UKM (MenKopUKM), Teten Masduki, memastikan cukup banyak sumber pembiayaan bagi UMKM di pemerintah. Seperti penyediaan Program Kredit Usaha Rakyat (KUR) sebesar Rp190 triliun dengan bunga 6 persen dan plafon pinjaman hingga Rp500 juta.

Akan tetapi, lanjut Menteri Teten, sampai saat ini KUR yang belum terserap mencapai Rp129 triliun. Belum lagi pembiayaan-pembiayaan yang disalurkan lewat BLU pemerintah yang ada di berbagai kementerian, sebanyak Rp30 triliun.

"Problemnya, saya akui, masih belum mudah bagi UMKM untuk mengakses ke sana. Padahal sebelum Covid-19, Rapat Kabinet pernah membahas alternatif pembiayaan untuk UMKM, terutama untuk usaha mikro dan kecil, yang tidak memiliki aset sebagai modal investasi," ungkap Menteri Teten melalui keterangan tertulisnya, Sabtu (13/6).

Menteri Teten mengakui banyak perusahaan Fintech sudah membantu usaha mikro dan kecil yang unbankable. Pemerintah, melalui OJK, juga sudah banyak memberikan izin bagi perusahaan Fintech.

"Kalau ini disinergikan, yaitu seluruh sumber pembiayaan dari pemerintah dan swasta (Fintech). Ini tentu akan sangat besar manfaatnya bagi UMKM Naik Kelas," jelasnya.

Baca Selanjutnya: Pengusaha Keluhkan Syarat Perbankan Dalam...

Halaman

(mdk/bim)

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami