Perak Dikabarkan Bakal Menyusul Kenaikan Harga Emas

Perak Dikabarkan Bakal Menyusul Kenaikan Harga Emas
UANG | 10 Agustus 2020 07:00 Reporter : Siti Nur Azzura

Merdeka.com - Tahun ini, harga emas telah melesat ke rekor tertinggi yang tidak terlihat sejak September 2011. Meski demikian, beberapa analis memperkirakan perak bisa mengalahkan emas di tengah ekonomi global yang goyah dan dolar Amerika Serikat (AS) yang melemah.

Investor telah melarikan diri ke aset "safe haven" karena pandemi tidak menunjukkan tanda-tanda mereda. Terlebih lagi dengan adanya ledakan di Beirut diperkirakan akan menambah kilauan Emas di atas USD 2.020, kata sebuah catatan dari Mizuho Bank dilansir CNBC.

Harga emas spot telah melonjak lebih dari 32 persen sepanjang tahun ini dan berada di harga terendahnya sejak 1979. Sementara itu, harga perak juga mengikuti, melonjak lebih dari 30 persen tahun ini.

Michael Hsueh, ahli strategi komoditas dan valuta asing di Deutsche Bank berharap perak mengungguli emas. Para analis menunjukkan bahwa ekonomi dunia akan bangkit kembali, dan itu akan meningkatkan konsumsi industri. Itu diatur untuk meningkatkan permintaan perak, yang memiliki banyak kegunaan industri.

"Perak memiliki komponen industri yang jauh lebih tinggi. Jadi, komponen permintaan pasokan perak yang lebih tinggi dalam konsumsi industri. Dan di lingkungan di mana kita melihat ekonomi global pulih, itulah alasan lain untuk membeli perak," kata Hsueh.

Analis di Citi juga mengatakan dalam sebuah catatan bulan lalu bahwa rebound dalam aktivitas industri manufaktur mendorong harga perak lebih tinggi dibandingkan dengan emas. Selain itu, pemilu AS juga ikut berperan.

Analis di bank mengatakan pasar menilai potensi permintaan lebih banyak untuk perak, jika Capres AS Joe Biden dari Partai Demokrat memenangkan pemilihan presiden AS dan memberikan rencana infrastruktur hijau.

Baca Selanjutnya: Di bawah rencana Biden kereta...

Halaman

(mdk/azz)

TOPIK TERKAIT
more tag

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami