Perang Dagang Berlarut Seret Harga Batubara September 2019 Makin Murah

UANG | 9 September 2019 17:27 Reporter : Merdeka

Merdeka.com - Berlarutnya perang dagang antara Amerika Serikat (AS) dan China berdampak pada penurunan harga batubara Indonesia. Kementerian Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) mengumumkan Harga Batubara Acuan (HBA) September 2019 sebesar USD 65,70 per ton.

Kepala Biro Komunikasi, Layanan Informasi Publik dan Kerja Sama (KLIK) Kementerian ESDM, Agung Pribadi, mengatakan ‎HBA September mengalami ‎penurunan sebesar USD 6,97 per ton dari Agustus 2019 sebesar USD 72,67 per ton.‎‎

‎"Harga batubara acuan September USD 65,70 per ton," kata Agung, di Kantor Kementerian ESDM, Jakarta, Senin (9/9).

Agung menyebutkan, pemicu penurunan harga batubara di antaranya adalah berlarutnya perang dagang antara AS dan China. Selain itu juga, penuranan permintaan batubara dari Eropa‎ sehingga stok berlebih.

"Masih berlanjutnya perang dagang antara negara China dan Amerika Serikat serta menurunnya permintaan batubara dari benua Eropa," tutur Agung.

Agung melanjutkan,‎ berdasarkan kondisi pasar global, penyebab penurunan signifikan HBA September 2019 dipengaruhi oleh pembatasan impor batubara dari Indonesia oleh China dan India, ditunjang dengan peningkatan produksi batubara di China dan India.

"Produksi dalam negeri batubara China dan India yang menyebabkan pembatasan impor batubara dari Indonesia oleh China dan India," tandasnya.

Reporter: Pebrianto Eko Wicaksono

Sumber: Liputan6 (mdk/bim)

Baca juga:
Tanggapi Keluhan Masyarakat, KCN Bentuk Tim Khusus dan Gandeng Pakar IPB
Rugikan Negara Rp432 Miliar, 12 Penadah Batubara Ilegal di Sumsel Ditutup
Faisal Basri: 74 Tahun Merdeka, Indonesia Masih Bergantung pada Batubara dan Sawit
ESDM: Harga Acuan Batubara dan Emas Naik di Agustus 2019
Pantai di Pandeglang Menghitam Usai 7 Ribu Ton Batu Bara Tumpah
Polisi Selidiki Sebab Tumpahnya 7.000 Ton Batu Bara di Perairan Pantai Selatan
Mendorong Pemanfaatan Limbah Pembakaran Batubara Jadi Produk Olahan Lain

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.