Perbaikan infrastruktur korban gempa Lombok tunggu instruksi BNPB

UANG | 7 Agustus 2018 17:16 Reporter : Merdeka

Merdeka.com - Direktur Jenderal Penyediaan Perumahan Kementerian PUPR Khalawi AH mengatakan pihaknya akan melakukan perbaikan infrastruktur kepada para korban gempa di Lombok. Dia pun akan mengecek lebih lanjut pasca kerusakan infrastruktur atau rumah-rumah di sana.

"Gempa saya belum dapat datanya, apakah yang kita bangun rusak, sedang dicek sama teman-teman. Tapi itu kan force major ya, force major kita tentu akan melakukan revitalisasi perbaikanlah," tuturnya di Gedung Kementerian PUPR, Jakarta, Selasa (7/8).

Khalawi menambahkan, kebijakan perbaikan infrastruktur ini nantinya berdasarkan arahan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB). Sebab, kerusakan yang terjadi di luar kendali (force major) sehingga harus dikomunikasikan kembali dengan BNPB.

"Kita kebijakannya nanti secara nasional di bawah komando BNPB, kita nanti melihat, kita melakukan apa. Uangnya dari BNPB, kita yang membangun," ujarnya.

"Ini kan memang sudah setiap tahun programnya, tapi untuk bencana ini kan memang beda, force major ini nanti urusannya dengan BNPB bagaimana ke depannya," kata dia.

Reporter: Bawono Yadika

Sumber: Liputan6.com

Baca juga:
Porak-poranda bangunan di Lombok usai dihantam gempa 7 SR
Gempa NTB, 60 mahasiswa UNS yang sedang KKN alami trauma berat
Bantu korban gempa Lombok, siswa di Medan galang bantuan
Pencarian korban gempa Lombok yang tertimpa reruntuhan masjid
Wiranto: 7.000 wisman sudah dievakuasi dari wisata Gili

(mdk/azz)