Perbankan Belum Terdampak Penghentian Sementara Jemaah Umrah oleh Arab Saudi

Perbankan Belum Terdampak Penghentian Sementara Jemaah Umrah oleh Arab Saudi
UANG | 28 Februari 2020 12:30 Reporter : Anisyah Al Faqir

Merdeka.com - Direktur Syariah Banking CIMB Niaga Pandji P. Djajanegara mengatakan industri perbankan belum terpengaruh oleh keputusan Arab Saudi yang melakukan penghentian sementara jemaah umroh dari beberapa negara. Sebab perjalanan umrah lebih banyak dilakukan oleh agen perjalanan (travel).

"Efek langsung belum berpengaruh kepada perbankan," kata Pandji dalam Diskusi Bersama CIMB Niaga Syariah di Graha CIMB Niaga, Jakarta Pusat, Jumat (28/2).

Kecuali, kata Pandji, Bank yang memiliki travel perjalanan umrah. Biasanya perbankan lebih banyak berhubungan dengan pembiayaan untuk ibadah haji.

Saat ini juga sudah ada 25 bank yang tergabung dengan Sistem Informasi dan Komputerisasi Haji Terpadu (Siskohat). Sementara hal yang sama juga baru mulai diterapkan di bisnis perjalanan umrah.

Itu pun baru dua atau tiga bank yang melakukan hal yang sama. Bank CIMB Niaga Syariah pun kata Pandji baru akan merilis program pembiayaan umrah bulan depan.

1 dari 1 halaman

Penghentian Jemaah Umrah

Arab Saudi menghentikan sementara penerimaan jemaah umrah dari sejumlah negara, termasuk Indonesia. Hal itu sebagai langkah antisipasi terkait maraknya penyebaran virus korona atau Covid-19 di seluruh dunia.

Adapun negara-negara yang dicegah memasuki Saudi untuk sementara waktu adalah: China, Iran, Italia, Korea Selatan, Jepang, Thailand, Malaysia, Indonesia, Pakistan, Afghanistan, Irak, Filipina, Singapura, India, Lebanon, Suriah, Yaman, Azerbaijan, Kazakhstan, Uzbekistan, Somalia, dan Vietnam.

Pada Kamis (27/2) lalu, Kementerian Luar Negeri menyatakan bahwa otoritas kesehatan Saudi mengikuti perkembangan terkait penyebaran virus korona yang kini juga telah menjangkiti negara tetangga di Timur Tengah, seperti Kuwait, Bahrain, dan Oman.

Untuk itu, Saudi merasa perlu mengambil tindakan pencegahan yang dampaknya memengaruhi perjalanan menuju dan keluar negara Teluk tersebut. Saudi berupaya memerangi penyebaran virus dengan menerapkan standar internasional serta mendukung komunitas internasional dalam mencegah penyebaran virus, terutama Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

"Ya itu kan gara-gara Coronavirus," terang dia.

Arfi sendiri tidak mengetahui secara pasti sampai kapan penghentian ibadah umrah bagi warga negara Indonesia tersebut diberlakukan. "Belum tahu," tandasnya. (mdk/azz)

Baca juga:
APII: Ada 14 Jadwal Penerbangan Umrah dari Bandara Soekarno-Hatta, 2 Sudah Berangkat
Menhub Berharap 500 Jemaah yang Sudah Berangkat ke Arab dapat Izin Umrah
5 Fakta Nasib Jemaah Gagal Umrah Akibat Pemerintah Saudi Antisipasi Virus Corona
Menhub Sebut Jemaah Umrah Bisa Refund Tiket atau Pemberangkatan Dijadwal Ulang Garuda
Ratusan Calon Jemaah Umrah Terlantar di Bandara Soekarno-Hatta
Sikap Pemerintah Terkait Saudi Setop Sementara Penerimaan Jemaah Umrah

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami