Perdagangan IHSG 2019 Ditutup di Posisi 6.229

Perdagangan IHSG 2019 Ditutup di Posisi 6.229
UANG | 30 Desember 2019 16:54 Reporter : Dwi Aditya Putra

Merdeka.com - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati dan Menteri Perdagangan Agus Supramanto secara resmi melakukan penutupan perdagangan pasar modal seiring dengan berakhirnya 2019. IHSG ditutup melemah di level 6.229,53 poin atau turun 0,47 persen dari perdagangan Jumat kemarin sebesar 6.329,31 poin.

Dalam sambutannya, Menteri Sri Mulyani mengakui tahun ini menjadi titik berat bagi seluruh pelaku ekonomi. Hal ini tercermin dari beberapa indikator ekonomi Indonesia yang menunjukan tren yang tidak begitu baik sepanjang tahun.

"Di dalam lingkungan ekonomi global tidak pasti kita perlu saling sinergi jaga ekonomi kita. Agar pelaku ekonomi bisa terus tumbuh dan lingkungan ekonomi kita terjaga," katanya di bursa efek indonesia, Jakarta, Senin (30/12).

Menteri Sri Mulyani menekankan, pemerintah perlu melakukan sinergi untuk merespon setiap perubahan yang terjadi baik di dalam maupun luar negeri. Hal itu dilakukan untuk menjaga ketahanan ekonomi dari tekanan global. "Bagi pemerintah artinya harus lincah respon perubahan terjadi," imbuh dia.

1 dari 1 halaman

Menteri Sri Mulyani Apresiasi Bursa Tumbuh Positif

mulyani apresiasi bursa tumbuh positif

Di sisi lain, Bendahara Negara ini juga mengapresiasi kinerja positif pasar modal Indonesia sepanjang 2019. Menurut dia, di tengah bursa efek negara lain mencatat petumbuhan negatif, pasar modal Tanah Air mampu tumbuh positif sepanjang 2019.

"Saya apresiasi jajaran bursa yang melakukan kerja keras pada tahun 2019. Jumlah investor saham 2,4 juta tumbuh 40 persen dari 2018. Ini dilakukan disaat OJK dan BEK bersih bersih dari transaksi tidak baik bisa mencederai," katanya.

Dia menambahkan, pasar modal Indonesia akan tumbuh apabila reputasi dan regulasi dari regulator berjalan efektif. Dia pun berharap agar pembukaan perdagangan pasar modal pada Kamis (2/1) mendatang juga mampu memberikan kinerja postif.

(mdk/bim)

Baca juga:
Frekuensi Perdagangan Saham RI 469.000 Kali/Hari di 2019, Paling Likuid se-ASEAN
Jelang Penutupan, IHSG Berada pada Area Jenuh Beli
Bos BEI Sebut Ledakan di Monas Tak Pengaruhi IHSG
Tunggu Kejelasan Perang Dagang, IHSG Diprediksi Bergerak Melemah
Dalam Sepekan, IHSG Terkoreksi dan Kapitalisasi Pasar Turun 0,44 Persen
IHSG Diramal Terkonsolidasi Usai BI Tahan Suku Bunga Acuan
Tunggu Suku Bunga BI, IHSG Diprediksi Bergerak Menguat

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami