Peringati Hari Perhubungan Nasional, KCN Lakukan Pembersihan Pantai

UANG | 16 September 2019 20:34 Reporter : Merdeka

Merdeka.com - PT Karya Citra Nusantara (KCN) menunjukan komitmennya terhadap lingkungan dan masyarakat. Hal tersebut dibuktikan dengan melakukan kegiatan Gerakan Bersih Laut dan Pantai di sekitar Pelabuhan Marunda.

Kegiatan Gerakan Bersih Laut dan Pantai sendiri dicanangkan oleh Direktorat Jenderal Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan (Kemenhub) dalam rangka memperingati Hari Perhubungan Nasional. Peserta kegiatan bersih-bersih ini berasal dari unsur KSOP Marunda, karyawan pelabuhan, Polri, TNI, nelayan, dan mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran (STIP).

Direktur Utama KCN, Widodo Setiadi mengatakan, manajemen KCN sangat senang dapat mendukung program menjaga lingkungan milik pemerintah yang berjudul Gerakan Bersih Laut dan Pantai.

"Gerakan Bersih Laut dan Pantai sejalan dengan semangat kami dalam mengelola pelabuhan. Kami sangat serius dalam menciptakan pelabuhan yang bersih dan nyaman serta jauh dari kesan kumuh. Komitmen ini sudah tercantum dalam konsep Green Port yang telah kami canangkan semenjak awal," kata Widodo di Jakarta, Senin (16/9).

Tidak hanya itu, secara rutin, KCN melakukan penyemprotan dan pembersihan dermaga setiap 2 minggu sekali agar debu yang dapat mengganggu lingkungan hilang. Selain itu, kebersihan parit pembuangan juga terus diperhatikan sehingga tidak akan terjadi penyumbatan yang dapat mengakibatkan banjir.

KCN saat ini juga sedang menjajaki kerja sama dengan salah satu perguruan tinggi yang kredibel di bidang lingkungan untuk membangun pelabuhan dengan konsep green port.

Bahkan menurut Widodo, KCN telah membentuk tim khusus untuk mempercepat pembangunan mini forest di wilayah pelabuhan dalam rangka menciptakan pelabuhan yang ramah lingkungan.

"Tim khusus lingkungan sudah mulai bekerja dan sudah memiliki rencana aksi untuk mewujudkan komitmen kami terhadap lingkungan. Kami juga akan mengajak seluruh pemangku kepentingan terutama yang berada di wilayah Marunda untuk bekerja sama dalam membuat pelabuhan Marunda menjadi pelabuhan yang ramah lingkungan," tutup Widodo.

Sumber: Liputan6.com

Baca juga:
Peringati Hari Perhubungan Nasional, Menhub Budi Ajak Stakeholder Sinergi
Rangsang Masyarakat Naik Transportasi Umum, Kemenhub Subsidi 5 Kota Total Rp250 M
15 Provinsi Raih Penghargaan Layanan Transportasi Terbaik
Saat Kabut Asap Makin Pekat, Kemenhub Minta Tak Ada Kapal Berlayar
30 Persen Penerbangan Dibatalkan Imbas Kebakaran Hutan dan Lahan

(mdk/idr)