Perintah Jokowi: Semua Kementerian Fokus Bangun SDM di 2019

UANG | 5 Desember 2018 17:26 Reporter : Supriatin

Merdeka.com - Presiden Joko Widodo ( Jokowi) meminta seluruh kementerian memasukkan program pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM) dalam rancangan kerja tahun 2019. Ini disampaikan Jokowi dalam Sidang Kabinet Paripurna tentang capaian tahun ke4 RPJMN 2015-2019.

"Saya minta semua menteri rencana kerjanya memasukkan program ini (pembangunan SDM) sebanyak-banyaknya," kata Jokowi di Istana Negara, Jakarta, Rabu (5/12).

Misalnya di Kementerian Tenaga Kerja, Jokowi meminta agar Balai Latihan Keterampilan dan Balai Latihan Kerja di Pondok Pesantren mulai dikerjakan pada Januari tahun depan. Pemerintah memang berencana membangun 1.000 Balai Latihan Kerja di seluruh pesantren pada 2019.

Selain Kementerian Tenaga Kerja, Jokowi meminta Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat menjalankan program sertifikasi untuk tenaga-tenaga teknik di lapangan. Kemudian Kementerian Pertanian bisa memberikan pelatihan terhadap PPL (petugas penyuluh lapangan).

Khusus Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN), mantan Wali Kota Solo menyarankan agar memberikan pelatihan kepada masyarakat. Selama ini, Kementerian BUMN hanya fokus pada peningkatan skill para pegawainya.

"Saya kira kementerian-kementerian lain model-model yang sudah sering saya sampaikan itu bisa diadopsi dan dikerjakan," tukasnya.

(mdk/idr)