Perlancar Ekspor, Gaikindo Minta Pembangunan Jalan Tol Pelabuhan Patimban Dipercepat

Perlancar Ekspor, Gaikindo Minta Pembangunan Jalan Tol Pelabuhan Patimban Dipercepat
UANG | 20 November 2020 14:59 Reporter : Merdeka

Merdeka.com - Ketua Umum Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), Yohannes Nangoi meminta kepada pemerintah untuk mempercepat pengadaan akses jalan tol menuju Pelabuhan Patimban di Kabupaten Subang, Jawa Barat. Pemerintah sendiri rencananya memang akan membuka jalan tol menuju Patimban, tapi belum akan selesai dalam waktu dekat.

"Saya ada harapan untuk Kementerian Perhubungan dan Kementerian Perindustrian, kami sangat mengharapkan bahwa jalan tol itu sudah bisa beroperasi penuh," kata Yohannes dalam sesi webinar bersama Liputan6.com, Jumat (20/11).

Permintaan itu diberikannya karena pegiat industri kendaraan kini telah menerima banyak permintaan ekspor seperti ke kawasan Timur Tengah. Pengiriman tersebut difasilitasi oleh kapal angkut dengan kapasitas 5.000 unit kendaraan.

"Dan kendaraan-kendaraan sekarang itu kita gendong (dari pabrik) dengan trailer. Satu trailer itu isinya kira-kira sekitar 5 mobil. Jadi kalau satu trailer isinya 5 mobil, kita mengekspor 5.000 mobil, kita perlu 1.000 truk mengangkut kendaraan itu ke Patimban," ungkap Yohannes.

"Kalau jalannya belum masuk jalan tol maka akan sangat lambat sekali. Apalagi kalau jalan tersebut masih jalan bukan tol, dimana kendaraan trailer akan lalu-lalang di situ," dia menegaskan.

Baca Selanjutnya: Sangat Berat Tak Lewat Jalan...

Halaman

(mdk/idr)

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami