Pertama kalinya, Telkomsel bakal kenalkan layanan 5G di perhelatan Asian Games

UANG | 13 Agustus 2018 15:23 Reporter : Idris Rusadi Putra

Merdeka.com - Anak usaha Telkom, Telkomsel tengah melakukan uji coba layanan 5G. Rencananya, layanan ini akan diperkenalkan saat perhelatan Asian Games 2018 mendatang. Peresmiannya Telkomsel 5G Experience Center pun akan dilaksanakan dalam waktu dekat.

Direktur Utama Telkomsel, Ririek Adriansyah mengatakan, dengan diperkenalkannya layanan 5G di Telkomsel 5G Experience Center pada ajang Asian Games 2018, menjadi bukti bahwa Telkomsel merupakan operator telekomunikasi pertama dan satu-satunya yang mampu menghadirkan pengalaman 5G di Indonesia.

"Melalui teknologi 5G, Telkomsel berharap dapat mendukung kemajuan bangsa dengan menghadirkan teknologi revolusioner yang dapat mengubah cara hidup masyarakat sehingga dapat meningkatkan produktivitas dan efisiensi secara nyata. Sehingga dengan produktivitas dan efisiensi tersebut dapat mendukung perekonomian nasional," kata Ririek dikutip dari keterangannya di Jakarta, Senin (13/8).

Katanya, bagi masyarakat yang ingin merasakan kecanggihan layanan 5G dapat datang ke Telkomsel 5G Experience Center yang ada di perhelatan Asian Games 2018 di Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta. Masyarakat dapat mengenal dan merasakan langsung implementasi dari teknologi revolusioner melalui berbagai perangkat yang dilengkapi dengan teknologi 5G seperti live streaming, football 2020, future driving, cycling everywhere dan autonomous bus.

Ririek berharap seluruh perangkat yang terdapat pada Telkomsel 5G Experience Center dapat mengedukasi pengunjung secara langsung tentang manfaat dan keunggulan dari teknologi 5G di masa yang akan datang seperti high speed data rate, lower latency, geo-tagging, dan autonomous driving.

Direktur Planning and Transformation Telkomsel, Edward Ying Siew Heng mengatakan, dengan layanan 5G ini masyarakat dapat merasakan cepatnya akses mobile internet dengan latency kurang 1ms.

Dengan kecepatan yang tinggi dan latency kurang 1ms, Edward optimis layanan 5G dapat memberikan manfaat yang lebih besar tak hanya kepada industri telekomunikasi saja. Tetapi juga ke industri lainnya seperti kedokteran, pemerintahan, IOT dan lifestyle.

"Dengan hadirnya layanan 5G Telkomsel berharap kelak dapat mendukung program pemerintah aitu program industri 4.0. Dengan Telkomsel yang melakukan uji coba layanan 5G di Asian Games 2018 membuktikan kepada dunia internasional bahwa bangsa Indonesia sudah siap menerima dan memanfaatkan teknologi terkini di industri telekomunikasi," terang Edward.

Untuk mendukung terwujudnya layanan 5G di Asian Games 2018, Telkomsel membangun BTS 5G Indoor dan outdoor dengan menggunakan spektrum 28Ghz yang mampu menghasilkan speed hingga 16Gbps, low latency hingga 1ms, kecepatan dan kapasitas yang lebih besar dan melesat dari generasi sebelumnya.

Baca juga:
Pasca gempa NTB, Telkom berikan layanan komunikasi gratis
Satelit Merah Putih milik Telkom berhasil diluncurkan dari Florida
18 perusahaan siap pakai layanan satelit Merah Putih
Menkominfo sambut gembira peluncuran satelit Merah Putih
Satelit Merah Putih siap meluncur, Dirut Telkom mohon doa
Satelit Merah Putih milik Telkom berhasil diluncurkan

(mdk/idr)