Pertamina Bisa Pilih Blok Migas dari Hasil Survei Seismik

UANG | 12 November 2019 15:48 Reporter : Merdeka

Merdeka.com - PT Pertamina (Persero) diberikan kewenangan memilih satu blok minyak dan gas bumi (migas), dari hasil survei seismik 2D Komitmen Kerja Pasti (KKP) bagi hasil gross split Wilayah Kerja Jambi Merang.

Direktur Hulu Pertamina Dharmawan H Samsu mengatakan, Pertamina Hulu Energi (PHE) telah memulai survei seismik 2D di laut dari Bangka sampai Papua sepanjang 30 Kilo meter (Km). Setelah survei selama 6 bulan selesai dilakukan, data hasil survei diserahkan ke pemerintah.

"Hasil studi regional akan diserahkan ke pemerintah, dapat menggairahkan eksplorasi di Indonesia, dapat jadi sarana penemuan terbesar," kata Dharmawan, saat meluncurkan survei seismik 2D, di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta, Selasa (12/11).

Kepala Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) Dwi Soetjipto mengungkapkan, data yang diperoleh dari survei seismik 2D tersebut akan menjadi milik pemerintah, namun Pertamina sebagai pelaksanaan survei akan mendapat kewenangan memilih blok migas yang potensial.

"Ini memberikan dampak ke investor data terbuka, setelah satu tahun Pak Dar (Dharmawan Samsu) bebas memilih nanti terbuka," ujarnya.

Menteri Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif pun menargetkan, setelah 6 bulan seismik selesai Pertamina harus memutuskan blok migas hasil seismik yang akan dikelolanya. "Dari hasil ini Pertamina diberikan waktu1 tahun, tapi saya bilang terlalu lama Pertamina dengan kondisi sekarang 6 bulan," tandasnya.

1 dari 2 halaman

Survei Seismik 2D

Pertamina melakukan pencarian potensi minyak dan gas bumi (migas) di laut melalui survei seismik 2D, sepanjang 30.000 Kilometer (Km) dari Bangka sampai Papua. Eksplorasi ini menjadi survei terbesar se-Asia Pasifik dan Australia.

Direktur Hulu Pertamina, Dharmawan H Samsu, mengatakan survei seismik 2D tersebut merupakan pelaksanaan Komitmen Kerja Pasti (KKP) kontrak bagi hasil gross split wilayah Kerja Jami Merang yang dioperatori Pertamina Hulu Energi (PHE).

"Pertamina melalui kontrak bagi hasil gross split Jami Merang telah melaksanakan KKP kegiatan eksplorasi di wilayah terbuka, salah satu survei seismik laut 2D dengan menggunakan teknologi terkini," kata Dharmawan, saat menghadiri peluncuran survei 2D di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta, Selasa (12/11).

Survei tersebut dilakukan secara terbuka di laut dari wilayah Barat Indonesia tepatnya Bangka hingga Timur di Papua, lintasan survei tersebut mencapai 30.000 Km. Menurut Dharmawan, survei 2D ini merupakan terbesar di kawasan Asia Pasifik dan Australia.

"Panjang lintasan 30.000 Km, menjadikan survei terbesar di wilayah Indonesia dan region Asia Pasific Australia," tuturnya.

2 dari 2 halaman

Pertamina Diminta Tingkatkan Produksi Migas Blok Mahakam

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Arifin Tasrif meninjau North Processing Unit (NPU) Pertamina Hulu Mahakam (PHM) fasilitas produksi di wilayah paling utara dari Blok Mahakam. Kedatangannya kali ini sekaligus menemui seluruh karyawan yang bekerja di Pertamina Hulu Mahakam.

"Hari ini saya mengunjungi North Processing Unit Pertamina Hulu Mahakam. Fasilitasi produksi yang dibangun sejak tahun 1998 ini terawat dengan baik dan saat ini seluruh karyawan yang bekerja adalah warga negara Indonesia," ujar Arifin dikutip dari keterangannya, Sabtu (9/11).

Kepada seluruh karyawan yang bekerja di Pertamina Hulu Mahakam, Menteri Arifin meminta agar bisa meningkatkan produksi migas yang ada di lapangan untuk memberikan kontribusi yang sebesar-besarnya untuk negara.

"Mereka semuanya mempunyai semangat yang tinggi untuk meningkatkan produksi minyak dan gas Blok Mahakam, dan kita berharap bahwa di tangan mereka-mereka inilah kejayaan produksi migas nasional kita dapat kembali," lanjut Arifin.

Reporter: Pebrianto Eko Wicaksono

Sumber: Liputan6.com (mdk/azz)

Baca juga:
Ridwan Kamil Minta Pemda Libatkan Pertamina dalam Pengerjaan Proyek
Pertamina Lakukan Eksplorasi Terbesar se-Asia Pasifik dan Australia
Pertamina Lubricants Kembali Dukung Tim Balap Lamborghini
Menteri ESDM Minta Pertamina Tingkatkan Produksi Migas Blok Mahakam
Tekan Penurunan Produksi Blok Mahakam, Anak Usaha Pertamina Garap Lapangan Peciko
Menteri Arifin Instruksikan Pertamina Jaga Produksi Blok Mahakam