Pertamina EP Genjot Produksi Minyak di 9 Lapangan Dengan EOR

Pertamina EP Genjot Produksi Minyak di 9 Lapangan Dengan EOR
UANG | 12 Maret 2019 16:47 Reporter : Merdeka

Merdeka.com - PT Pertamina EP fokus menggenjot produksi minyak dari sumur tua di sembilan lapangan minyak dan gas bumi (migas), dengan menggunakan metode Enhanced Oil Recovery (EOR). Dengan metode ini, diharapkan dapat meningkatkan jumlah minyak diekstrak dari ladang minyak mencapai 30-60 persen.

Direktur Pengembangan PT Pertamina EP John H Simamora mengatakan, sumur tua dari sembilan lapangan migas yang dikelola Pertamina EP tersebar di seluruh Indonesia, prioritas pemilihannya berdasarkan jumlah cadangan yang dimiliki yaitu sekitar 300 juta-700 juta Bllion of Stock Tank Barrels (BSTB).

"‎Pemetaaan sudah, rencana kerja sedang kami ajukan, makanya yang kami utamakan yang besar-besar dulu," kata John, di Jakarta, Selasa (12/3).

Sembilan lapangan tersebut adalah Rantau, Sago, dan Ramba di Pertamina EP Aset 1n Jirak dan Limau di Pertamina EP Asset 2, Tambun dan Jatibarang di Pertamina EP Asset 3, serta Sukowati di Pertamina EP Asset 4, dan Tanjung di Pertamina EP Asset 5.

Untuk lapangan Tanjung, Rantau, Sago, Jirak, dan Limau menggunakan kimia yang disuntikan ke sumur migas, sedangkan empat lainnya menggunakan metode karbondioksida (CO2).

Dia belum merinci ‎investasi yang akan dikeluarkan untuk menjalankan program tersebut. Namun untuk satu lapangan di Tanjung yang menjadi uji coba EOR, membutuhkan USD 4 juta untuk pengadaan kimia surfaktan polimer.

"Field trial untuk chemical EOR polimer di Tanjung sekitar USD 4 juta, termasuk untuk pengadaan 70 ton polimer," tandasnya.

Reporter: Pebrianto Eko Wicaksono

Sumber: Liputan6.com (mdk/azz)

Baca juga:
11 Perusahaan Besar Minat Kelola 5 Blok Migas
Kementerian ESDM: Investasi Migas di Tahun 2019 Bergairah
Harga Minyak Naik Tipis Dipicu Sanksi AS Terhadap Eksportir Venezuela dan Iran
Relokasi Terminal BBM Samarinda, Pertamina Gelontorkan Rp 1 Triliun
BPH Migas Tetapkan Harga Gas Bumi untuk Rumah Tangga
Indonesia Akan Ekspor 16 Kargo LNG per Tahun ke Singapura

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami