Pertamina Pastikan Harga BBM Turun Jika Minyak Dunia Tak Naik Hingga Bulan Depan

UANG | 17 Desember 2018 15:04 Reporter : Merdeka

Merdeka.com - PT Pertamina menjanjikan harga BBM turun, ‎jika harga minyak dunia tidak mengalami kenaikan sampai bulan depan. Pertamina ‎masih mengevaluasi pergerakan harga minyak dunia, sebelum mengambil keputusan untuk menurunkan harga bahan bakar minyak (BBM) non subsidi.

"Pasti ya kita butuh waktu untuk liat pergerakan dan proyeksi harga berapa dan kemana," kata Sekretaris Perusahaan Pertamina,‎ Syahrial Mukhtar, di Kantor Kementerian Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) Jakarta, Senin (17/12).

Menurut Syahrial, jika harga minyak dunia tidak mengalami kenaikan sepanjang masa evaluasi selama dua minggu sampai satu bulan, maka Pertamina akan menurunkan harga BB‎M non subsidi pada bulan depan.

‎"Dua pekan sampai sebulan kita bisa review itu. Ya kalau harganya begini terus ya nanti kita sesuaikan," tuturnya.

‎Sebelumnya, Direktur Minyak dan Gas Bumi Kementerian ESDM Djoko Siswanto mengatakan, Pertamina sudah berkomitmen untuk menurunkan harga BBM non subsidi, mengikuti penurunan harga minyak dunia yang terjadi belakangan ini. Paling lambat penurunan harga BBM non subsidi dilakukan Januari. "Janjinya gitu. Ya janjinya Januari lah‎," ujar Djoko.

Menurut Djoko, ‎Pertamina tidak langsung menurunkan harga BBM non subsidi, sebab harus menghabiskan stok yang dibeli sebelum harga minyak mengalami penurunan. ‎"Kan stok minyaknya banyak gitu loh," tuturnya.

Djoko menegaskan, jika harga BBM turun tidak juga dilakukan Pertamina tidak melakuan penurunan harga BBM non subsidi sampai Januari 2018, Kementerian ESDM akan memanggil perusahaan energi pelat merah tersebut, kemudian jika tidak ada perubahan siap dijatuhkan sanksi. (mdk/bim)

Baca juga:
Ini Alasan Pertamina Belum Jua Turunkan Harga BBM
5 Fakta di Balik Harga BBM Turun Jelang 2019
Kebijakan-Kebijakan Populis Pemerintahan Jokowi pada 2019
Januari, Pertamina Turunkan Harga Premium Hingga Pertamax
ESDM: Harga BBM Turun Mulai Pekan Depan
Pertamina butuh Rp 800 miliar wujudkan BBM satu harga
Pemerintah resmi tak ubah harga BBM periode Oktober 2016

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.