Pertamina: Penyaluran Avtur Naik 7 Persen di Mudik Lebaran 2019

UANG | 2 Juni 2019 14:30 Reporter : Dwi Aditya Putra

Merdeka.com - PT Pertamina (Persero) mencatat peningkatan konsumsi avtur sebesar 7 persen dibandingkan kondisi normal. Secara nasional, peningkatan penyaluran avtur terjadi di hampir seluruh Depot Pengisian Pesawat Udara (DPPU) bandara tujuan mudik Lebaran 2019 hingga 31 Mei 2019.

VP Corporate Communication Pertamina, Fajriyah Usman mengatakan, kenaikan ini telah diantisipasi oleh Perseroan dengan menambah keamanan stok avtur di 10 Depot Pengisian Pesawat Udara (DPPU) tujuan pemudik.

"Pada H-5 atau 31 Mei 2019, realisasi penyaluran Avtur secara nasional sebesar 14 ribu KL atau meningkat tujuh persen dari rata-rata penyaluran normal," katanya seperti dikutip dari Antara, Minggu (2/6).

Fajriyah mengatakan, peningkatan penyaluran ini akan terus berlangsung hingga hari Idul Fitri bahkan setelahnya untuk mengakomodir masa arus balik.

"Oleh arena itu untuk Avtur kami terus menjaga ketahanan stok, saat ini ketahanan stok avtur berada di 48 hari," tambahnya.

Dia menyebut, dari 10 DPPU utama tujuan mudik, DPPU Bandara Soekarno Hatta merupakan yang paling tinggi mengalami kenaikan penyaluran secara volume, yaitu hingga 396 KL. Sementara DPPU dengan presentase kenaikan tertinggi adalah DPPU di Bandara Hang Nadim Batam yang mencapai lebih dari 23 persen dari penyaluran normal.

Fajriyah menambahkan pihaknya juga sudah berkoordinasi dengan kementerian atau instansi terkait untuk mematsikan stok avtur aman, setra kelancaran pada saat mudik Lebaran 2019.

"Kami juga melakukan koordinasi yang intens dengan Angkasa Pura guna menjaga kelancaran dan ketepatan pelayanan dengan baik, aman dan lancar," pungkasnya.

Baca juga:
Terlambat Sampaikan Laporan Keuangan, Pertamina Ditegur Kementerian BUMN
YLKI: Kebijakan Cashback Pertamina Tingkatkan Keamanan Saat Mudik
Pertamina Siapkan Belanja 2019 Rp80 T, Jadi Alasan Setoran Dividen 2018 Turun
Pertamina Raup Laba 2018 Rp35,99 T Serta Setor Dividen Rp7,9 T ke Negara
Raup Pendapatan Rp600 T, Pertamina Ditaksir Catatkan Laba 2018 Rp20 T

(mdk/idr)

TOPIK TERKAIT