Pertumbuhan Ekonomi China Capai 4,9 Persen di Kuartal III-2020

Pertumbuhan Ekonomi China Capai 4,9 Persen di Kuartal III-2020
pertumbuhan ekonomi. shutterstock
EKONOMI | 19 Oktober 2020 13:17 Reporter : Merdeka

Merdeka.com - Biro Statistik Nasional, China melaporkan pertumbuhan ekonomi China di kuartal III-2020 capai 4,9 persen. Pemulihan ini dipercepat karena masyarakat waspada terhadap virus.

Meskipun mengalami pertumbuhan, PDB ini turun di bawah ekspektasi tahun lalu. Ekonom di China sempat memperkirakan pertumbuhan PDB hingga 5,2 persen pada kuartal ketiga.

"Ekonomi China tumbuh 0,7 persen dalam 9 bulan pertama dari tahun sebelumnya. Secara umum, ekonomi nasional melanjutkan pemulihan yang stabil dan hasil yang signifikan telah disampaikan dalam mengelola pencegahan dan pengembangan virus," kata Biro Statistik Nasional dalam sebuah rilis, dilansir CNBC.

Namun demikian, Biro Statistik tersebut menyatakan kondisi lingkungan internasional memang masih rumit, terlebih diperparah dengan ketidakpastian mengenai kapan berakhirnya pandemi.

"Setiap negara mengalami tekanan yang cukup besar untuk menghindari penularan virus. Sehingga, perekonomian masih dalam proses pemulihan dan pondasi untuk pemulihan berkelanjutan perlu dikonsolidasikan," imbuhnya.

Adapun, kenaikan ini disertai dengan beberapa indikator yang juga menunjukkan peningkatan daya konsumsi dari masyarakat. Mengutip laporan dari Reuters, pemerintah tahun ini telah banyak meluncurkan beberapa kebijakan, seperti pengeluaran fiskal, keringanan pajak, dan pemotongan suku bunga pinjaman dan persyaratan cadangan bank dengan tujuan menghidupkan kembali ekonomi serta mendukung lapangan kerja.

Oleh karena itu, pertumbuhan dibuktikan dengan penjualan ritel yang meningkat 3,3 persen pada September, dan secara keseluruhan naik 0,9 persen pada kuartal ketiga. Sebelumnya, selama sembilan bulan pertama di tahun 2020, penjualan ritel mengalami kontraksi 7,2 persen.

Baca Selanjutnya: Kenaikan ini diikuti juga dengan...

Halaman

(mdk/azz)

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami