Perusahaan Asal Taiwan Tertarik Investasi di Kilang Balongan Milik Pertamina

UANG | 6 September 2019 12:38 Reporter : Dwi Aditya Putra

Merdeka.com - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Darmin Nasution menyatakan, ada perusahaan asal Taiwan yang ingin investasi di Kilang Balongan milik Pertamina yang berada di Indramayu, Jawa Barat. Hal itu diketahuinya langsung dari pimpinan Perseroan tersebut.

"Saya dengar ada dari Taiwan yang mau kerja sama dengan Pertamina di Balongan. Karena saya disuratin oleh Bu Nicke (Dirut Pertamina)," kata Menko Darmin di Bandung, Jumat (6/9).

Mendengar rencana tersebut, dirinya telah diminta oleh Wakil Presiden Jusuf Kalla agar kerja sama dengan Taiwan itu nantinya dimasukan dalam proyek strategis nasional. Namun keinginan itu bertolak belakang karena Presiden Joko Widodo meminta agar Kilang Balongan ditutup terlebih dahulu.

Namun bukan tidak mungkin kata Menko Darmin, rencana kerja sama tersebut dapat direalisasikan. Mengingat semua itu adalah hak prerogatif dari seorang pimpinan negara.

"Kita sedang memprosesnya, tapi memang kita tadinya Presiden minta tahun lalu di periode tahun terakhir pemerintahan ini dia ditutup dulu tapi apakah itu akan dibuka tergantung Presiden. Artinya itu bukan sesuatu yang sulit kalau presiden bilang buka aja ya bisa," tandas dia.

Baca juga:
Pemerintah Percepat Proses Kuasai 95 Persen Saham di Tuban Petrochemical
Pertamina: Tak Ada Korban Jiwa Akibat Kebakaran Kilang Balikpapan
Kebakaran di Kilang Pertamina Balikpapan Diduga dari Pipa yang Tengah Diperbaiki
Ada Kebakaran di Kilang Balikpapan, Pertamina Jamin Tak Ganggu Pasokan
Kapasitas Kilang Balikpapan Akan Naik 38 Persen
Bahas Investasi Saudi Aramco, Putra Raja Salman Akan Sambangi Indonesia

(mdk/azz)