Beroperasi di 2021, Pabrik Baru Mowilex Siap Ekspor ke Berbagai Negara

Beroperasi di 2021, Pabrik Baru Mowilex Siap Ekspor ke Berbagai Negara
UANG | 26 November 2020 14:29 Reporter : Merdeka

Merdeka.com - Pabrik cat Mowilex Indonesia siap mengoperasikan pabrik baru pada September 2021 mendatang. Pembangunan pabrik telah dimulai sejak September 2019.

Direktur Keuangan Mowilex Indonesia Esther Sugiono menjelaskan pabrik tersebut akan memenuhi kebutuhan industri dalam negeri. Pabrik dari anak usaha cat asal Singapura Asia Coatings Enterprises, Pte, Ltd tersebut terletak di Kawasan Industri Modern Cikande tersebut juga memiliki rencana untuk mengekspor hasil produksinya ke beberapa negara."

"Ya, kami juga berencana untuk ekspor, namun sedang mencari negara-negara mana saja yang bisa menerima produk yang kami buat di Indonesia," ujar Esther dikutip dari Antara, Kamis (26/11).

Esther menambahkan, Mowilex Indonesia menyatakan tetap berani melanjutkan pembangunan kendati di tengah masa sulit pandemi, karena melihat sejumlah faktor pendukung.

"Kita ketahui sektor konstruksi saat ini merupakan mesin utama pertumbuhan ekonomi Indonesia, dengan sumbangan lebih dari 10 persen atas PDB Indonesia," ungkap Esther.

Menurut dia, pertumbuhan ekonomi pada kuartal I 2020 memang turun, tapi jika dilihat, pertumbuhan sektor konstruksi mengalami periode tertinggi pada pasa pemerintahan Presiden Joko Widodo.

Jika dibandingkan dengan pangsa pasar cat di luar Indonesia, misalnya Laos, Kamboja, Myanmar, Malaysia, Indonesia tercatat sebagai pangsa yang paling besar untuk pasar cat dekoratif.

Sementara itu pangsa cat Indonesia juga cukup besar, yakni 1,1 juta ton secara tahunan, atau pangsa terbesar di Asia Tenggara, sehingga Indonesia menjadi salah satu primadona bagi para pemain cat besar dunia untuk masa mendatang.

Pabrik yang berkonsep ramah lingkungan ini banyak menggunakan teknologi, di antaranya adalah mesin pengolahan limbah teknologi terbaru yang lebih optimal dalam mengolah limbah. Desain pabrik terbaru Mowilex nantinya juga akan terlihat ikonik karena tidak terlihat seperti sebuah pabrik, melainkan sebuah Mal megah nan futuristik.

Pabrik ini selain akan memiliki ruang perkantoran, akan dilengkapi juga fasilitas kebugaran untuk menunjang kesehatan para karyawan.

Sumber: Liputan6.com (mdk/idr)

Baca juga:
Kemendag Optimis RI Bisa Naikkan Posisi di Rantai Pasokan Dunia
Kemendag Optimistis UE-CEPA Bisa Tingkatkan Ekspor Buah RI ke Eropa
Untung Rugi Indonesia Tergabung dalam Perjanjian Dagang RCEP
Tantangan Ekspor Kopi RI, Produksi Rendah Hingga Lahan Terbatas
Konsumsi Dalam Negeri Naik, Ekspor Kopi RI Menurun Jadi 4 Persen

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami