Pesawat Nurtanio buatan anak bangsa diharap bisa sukseskan program jembatan udara

UANG » MALANG | 10 November 2017 10:51 Reporter : Anggun P. Situmorang

Merdeka.com - Presiden Joko Widodo resmi memberikan nama Nurtanio kepada purwarupa pesawat N219. Pemberian nama Nurtanio pada pesawat buatan anak bangsa ini diambil dari Laksamana Muda Udara (Anumerta) Nurtanio Pringgoadisuryo yang telah merintis pembuatan pesawat terbang di Tanah Air sejak tahun 1946.

Direktur Utama PT Dirgantara Indonesia, Elfien Goentoro berharap, setelah pemberian nama dari Presiden, sertifikasi pesawat tersebut dapat segera dilakukan. Sehingga, pesawat tersebut dapat berperan serta mendukung program jembatan udara pemerintah dalam mendistribusikan logistik nasional.

"Harapannya seluruh proses sertifikasi purwarupa pesawat N219 dapat berjalan dengan lancar. Sehingga pesawat N219 dapat menjadi solusi distribusi logistik nasional untuk mendukung program jembatan udara logistik nasional untuk angkutan barang dari dan ke daerah tertinggal, terpencil, terluar dan perbatasan," ujar Elfien di Pangkalan TNI AU, Jakarta, Jumat (10/11).

Elfien menilai, program tol laut yang digagas Presiden Jokowi selama ini belum mampu menjangkau distribusi barang hingga ke daerah pegunungan Papua karena keterbatasan jangkauan transportasi. Untuk itu, pesawat Nurtanio diyakini dapat menjadi solusi atas disparitas harga tersebut.

"Disparitas harga masih terjadi di kawasan yang hanya bisa diakses dengan transportasi udara termasuk di Papua. Mengingat masih banyaknya Kota dan Kabupaten di Papua dan Papua Barat yang hanya bisa dijangkau dengan transportasi udara," jelasnya.

Pesawat Nurtanio yang secara khusus dirancang untuk daerah pegunungan Papua diharapkan dapat mendukung program jembatan udara karena dapat menjangkau daerah dengan kondisi georafis berbukit-bukit dengan landasan pendek dan tidak dipersiapkan.

Pesawat Nurtanio juga dapat membuka aksesibilitas dan konektivitas wilayah terdepan, tertinggal dan terluar di pegunungan Papua dan Papua Barat, sehingga program satu harga Pemerintah dapat terwujud.

"Pesawat N219 akan menggerakkan aktivitas masyarakat di wilayah Papua, aktivitas perekonomian dan mobilisasi warga diharapkan dapat berjalan dengan lancar demi meningkatkan kesejahteraan masyarakat," tandasnya.

Sebagai informasi, acara pemberian nama purwarupa pesawat Nurtanio disaksikan oleh Menteri Riset Teknologi dan Dikti Mohamad Nasir, Menteri BUMN Rini Soemarno, Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Kepala LAPAN, Thomas Djamaluddin, dan Direktur Utama PTDI, Elfien Goentoro beserta seluruh jajaran Direksi dan Dewan Komisaris PTDI.


Jokowi: Saya resmikan pesawat N219 sebagai pesawat Nurtanio
Di Hari Pahlawan, Jokowi bakal beri nama pesawat N219 buatan anak bangsa
Dibawa dari Malang ke Yogyakarta, pesawat Ilyushin IL-14 mampir di sejumlah sekolah
Pesawat Ilyushin II-14 Avia diboyong ke museum Mandala Yogyakarta
Pesawat N219 buatan anak bangsa jangkau potensi pariwisata Indonesia

(mdk/idr)