Peserta Tapera Bakal Diberi Kredit Rumah Sesuai Kemampuan

Peserta Tapera Bakal Diberi Kredit Rumah Sesuai Kemampuan
UANG | 6 Juni 2020 15:00 Reporter : Merdeka

Merdeka.com - Badan Pengelola Tabungan Perumahan Rakyat (BP Tapera) akan memberikan fleksibilitas pembiayaan dengan prinsip plafon kredit kepada para pesertanya untuk bisa membeli rumah pertama.

Deputi Komisioner Bidang Pemanfaatan Dana BP Tapera Ariev Baginda Siregar menjelaskan, sistem pembiayaan Tapera berbeda dengan Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (FLPP) yang menetapkan standar harga hunian yang bisa didapatkan.

Sementara dalam program Tapera, peserta hanya dibekali kredit pembelian rumah yang dipungut dari iuran bulanan sebesar 3 persen.

"FLPP bergantung pada harga rumah. Kalau Tapera mengacu pada plafon atau limit kredit yang dihitung dari kemampuan mencicil," jelas Ariev kepada Liputan6.com, Sabtu (6/6).

Menurut dia, Tapera merupakan program berbasis tabungan untuk memberikan dana jangka panjang kepada pesertanya. Pemberian tersebut disalurkan dalam bentuk plafon kredit untuk mencicil rumah.

"Kalau di Tapera, masing-masing peserta punya hak untuk membeli rumah pertama karena sudah berbasis tabungan. Setelah itu, dihitunglah repayment capacity atau kemampuan mencicil," paparnya.

"Jadi setiap peserta untuk mendapatkan rumahnya harus dilihat dari penghasilan dan kemampuan mencicilnya. Baru dia cari rumah, rumahnya berapa aja harganya," ucap Ariev.

Sumber: Liputan6
Reporter: Maulandy Rizky Bayu Kencana (mdk/did)

Baca juga:
Serba Serbi Program Tapera, Mulai Dari Syarat Hingga Keuntungan Menjadi Peserta
Pegawai BUMN dan TNI-Polri Wajib Ikut Tapera Mulai 2022
Pembiayaan Program Tapera Hanya Untuk Rumah Pertama
BP Tapera Terima Suntikan Rp40 Triliun Dari Dana FLPP
Peserta Tapera Bakal Mendapat Bunga KPR 5 Persen
Peserta MBR Tapera Telah Miliki Rumah Bisa Peroleh Dana Renovasi
BP Tapera Target Miliki 13 Juta Peserta di 2024

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Putar Otak Bisnis Ritel Hadapi Corona

5