Jepang Terdepan Garap Proyek Kereta Api Jakarta-Surabaya

UANG | 9 September 2019 13:09 Reporter : Dwi Aditya Putra

Merdeka.com - Menteri Koordinator Kemaritiman, Luhut Binsar Panjaitan, mengatakan perusahaan China atau Chairman Railway Construction Coorporation Limited yang berniat investasi di kereta api semi cepat Jakarta - Surabaya sulit terealisasi. Menurutnya, pemerintah saat ini tengah serius menggarap proyek tersebut dengan Japan International Cooperation Agency (JICA).

"Saya pikir agak sulit (China). Karena Jepang ingin ingin benar untuk masuk situ dan kita juga lihat Jepang ini long investor di Indonesia. Saya kira sudah cukup maju mereka (Jepang) itu," kata Luhut saat ditemui di DPR RI, Jakarta, Senin (9/9).

Sejauh ini proyek Jakarta-Surabaya yang dilakukan pemerintah bersama JICA sudah masuk tahap studi dan tinggal menunggu untuk difinalisasikan. Kendati begitu, dia meminta agar JICA tak menutup diri untuk mentransfer teknologi yang dimilikinya.

"Tapi Jepang juga tidak boleh semau dia juga jadi kita harus lihat ya kamu jangan seperti MRT yang dikunci banget. kita juga ada punya kebebasan local konten teknologi transfer seperti-seperti itu lah," tandasnya.

Seperti diketahui, sebelumnya, Menko Luhut menerima kedatangan Chairman Railway Construction Coorporation Limited, Chen Fenjian di Kantornya, Jakarta. Pertemuan ini membahas rencana investasi China ke Indonesia.

Dia mengatakan, Negeri Tirai Bambu tersebut juga ingin investasi di bidang kereta api Jakarta- Surabaya. Di mana, sebelumnya, pengembangan kereta api Jakarta-Surabaya ini sudah dulu dilakukan oleh Japan International Cooperation Agency (JICA)

"Dia juga pengen investasi di bidang kereta api Jakarta-Surabaya. Saya bilang siap aja silakan masuk. Nanti mari kita liat. Saya bilang tapi Jepang sudah masuk. tapi kalau kalian punya over lebih bagus teknologi bagus kita liat liat lah tapi Jepang sudah maju si," jelas dia.

Baca juga:
Pemerintah akan Bangun 400 Flyover di Lintasan Kereta Sedang Jakarta-Surabaya
Tanggapan Menhub Budi Soal China Tertarik Garap Kereta Sedang Jakarta-Surabaya
Dalam Waktu Dekat, RI-Jepang Bakal Teken MoU Proyek Sedang Jakarta-Surabaya
China Tertarik Bangun Ibu Kota Baru dan Kereta Sedang Jakarta-Surabaya
Pra studi kelaikan kereta sedang Jakarta-Surabaya masuk tahap akhir
Strategi Menhub Budi tekan biaya kereta sedang Jakarta-Surabaya tak lampaui Rp 100 T

(mdk/idr)