PIP Kemenkeu Sambut Baik Kemudahan Mendirikan Koperasi di UU Cipta Kerja

PIP Kemenkeu Sambut Baik Kemudahan Mendirikan Koperasi di UU Cipta Kerja
Koperasi. ©blogspot.com
UANG | 21 Oktober 2020 15:23 Reporter : Merdeka

Merdeka.com - Pusat Investasi Pemerintah (PIP) Kementerian Keuangan menyambut baik kemudahan izin koperasi yang termuat dalam Undang-Undang Cipta Kerja. Salah satunya, jumlah minimal orang yang mendirikan koperasi turun menjadi 9 orang.

"Terkait dengan UU cipta kerja itu, kami melihat ada misalnya dari yang pernah kita baca, ada kemudahan dalam pendirian koperasi," kata Direktur Utama Pusat Investasi Pemerintah, Ririn Kadariyah dalam diskusi daring, Rabu (21/10).

Semula, dalam Pasal 6 UU Nomor 25 Tahun 1992 tentang Perkoperasian disebutkan bahwa koperasi primer dibentuk oleh sekurang-kurangnya 20 orang. Sementara, koperasi sekunder dibentuk sekurang-kurangnya 3 koperasi.

Ririn menambahkan, selama ini PIP bekerjasama dengan koperasi sebagai salah satu penyalur Usaha Kredit Mikro (Umi). Tercatat, hingga tahun 2020 ini telah ada 43 koperasi yang bekerjasama dengan PIP. Dengan kemudahan izin pendirian koperasi nantinya, Ririn berharap koperasi agar dapat dijaga kinerjanya sehingga bisa bermitra dengan berbagai pihak.

"Harapan kami ini dimanfaatkan dengan baik oleh masyarakat. Tetapi dalam mendirikan koperasi juga harus memegang prinsip-prinsip tata kelola yang baik. Sehingga koperasi yang kita miliki ini memang koperasi yang bagus, yang sehat dan kemudian bisa dipercaya oleh berbagai pihak," kata Ririn.

"Sehingga bisa menjalin kerjasama termasuk dengan PIP. Bisa menjadi penyalur. Karena untuk bisa menjadi penyalur tentu kita juga memilih koperasi yang berkinerja baik," tutup dia.

Reporter: Pipit Ika Ramdhani

Sumber: Liputan6.com (mdk/idr)

Baca juga:
UU Cipta Kerja Diharapkan Perkuat Koperasi dan UMKM
Menkop Beberkan Sederet Keuntungan UU Cipta Kerja Bagi Koperasi dan UMKM
Menkop Teten Ajak Himpunan Pengusaha Nahdliyin Kembangkan Koperasi dan UMKM
Moeldoko Sebut UU Cipta Kerja Dibutuhkan Koperasi dan UMKM
UU Cipta Kerja Solusi 6 Permasalahan Besar Koperasi dan UMKM ini
Koperasi adalah Badan Usaha di Bidang Ekonomi, Ketahui Tujuan dan Fungsinya

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami