PLN Masih Matikan 26 Gardu Listrik Terdampak Banjir

PLN Masih Matikan 26 Gardu Listrik Terdampak Banjir
UANG | 17 Januari 2020 14:11 Reporter : Dwi Aditya Putra

Merdeka.com - Wakil Direktur Utama PT PLN, Darmawan Prasodjo mencatat bahwa masih terdapat 26 gardu listrik yang belum beroprasi pasca banjir yang melanda di Jabodetabek pada awal tahun. Padamnya gardu listrik tersebut sengaja dilakukan dengan pertimbangan unsur keselamatan dan keamanan.

"Ada 6.327 gardu distribusi terdampak (pada saat banjir), 99,58 persen sudah hidup tertinggal 26," kata dia di Kementerian BUMN, Jakarta, Jumat (17/1).

Darmawan mengakui, kondisi banjir kemarin memang menjadi tantangan berat bagi perusahaan. Apalagi begitu banjir meluas, salah satu fokus PLN adalah keselamatan bagi masyarakat.

"Begitu daerah itu kena banjir, pertama kali yang kita lakukan adalah gardu distribusinya kita matikan," kata dia.

Dia menjelaskan, awalnya memang ada beberapa gardu distribusi saja yang dimatikan. Namun karena banyaknya laporan dan daerah yang tergenang banir maka pihaknya memperluas untuk mematikan gardu-gardu tersebut.

"Jadi ini horror story juga, kami dapat laporan awal-awalnya 2.000 gardu distribusi, 3.000, 4.000, 5.000 masih belum juga. Terus pokoknya begitu daerah itu kena banjir matikan dulu gardu distribusi," tandasnya.

1 dari 1 halaman

PLN Ganti 11.279 Meteran Listrik yang Terendam Banjir di Jabodetabek

11279 meteran listrik yang terendam banjir di jabodetabek rev1

PT PLN (Persero) mengganti 11.279 meteran listrik atau Kilo Watt hour (KWh meter) milik pelanggan di Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi (Jabodetabek) yang rusak akibat banjir. Nantinya, KWh meter diperiksa terlebih dahulu sebelum diganti, jika mengalami kerusakan PLN akan melakukan penggantian dengan cuma-cuma.

"Token (prabayar) yang terendam banjir langsung mati, kalau pasca bayar kita ganti yang rusak. Kita gratiskan penggantian meteran," kata Direktur PLN Regional Jawa Madura Bali, Haryanto WS saat meninjau pemeriksaan instalasi, Perumahan Pondok Gede Permai, Jati Asih, Bekasi, Jumat (10/1).

PLN mengganti kWh meter prabayar dan pasca bayar bagi pelanggan yang meternya terendam banjir secara gratis, jumlah penggantian kwh meter tersebut adalah sebanyak 9.242 di wilayah Jakarta, 1.156 di wilayah Banten dan 881 di Jawa Barat sehingga total penggantian kwh meter terendam banjir Jabodetabek adalah sebanyak 11.279 kWh meter.

"Pasca banjir kemarin, PLN melakukan pemeriksaan, pembersihan dan pengamanan instalasi listrik pelanggan, kami melakukan ini agar pelanggan dapat kembali menikmati listrik dengan rasa aman, tenang dan nyaman," imbuhnya. (mdk/idr)

Baca juga:
PLN: Mobil Listrik Lebih Irit Dibanding Bensin, Cuma Butuh Rp3.000 per 10 Km
Cerita PLN Terangi Wilayah Indonesia Hingga Majukan Pariwisata
PLN: Kelistrikan Ibu Kota Baru Menjadi yang Terbaik di Dunia
PLN: Gardu Induk Gambir Baru Kebakaran, Listrik di Sejumlah Wilayah DKI Padam
PLN Imbau Korban Banjir Waspada Penipuan Ganti Meteran Listrik Berbayar

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami