PLN Pulihkan 99 Persen Listrik Pelanggan Imbas Banjir Manado

PLN Pulihkan 99 Persen Listrik Pelanggan Imbas Banjir Manado
PLN. Istimewa ©2018 Merdeka.com
UANG | 24 Januari 2021 11:01 Reporter : Merdeka

Merdeka.com - PT PLN mencatat, hingga Sabtu (23/1) PLN telah menyalakan kembali 801 gardu distribusi dari 805 gardu yang terdampak banjir di Manado pada Jumat (22/1) lalu. Sehingga, hampir 89 ribu masyarakat Kota Manado sudah dapat kembali menikmati listrik dan melanjutkan aktivitasnya.

"Prioritas kami adalah keselamatan masyarakat, listrik kami nyalakan secara bertahap untuk benar-benar memastikan keamanan. Warga juga harus berhati-hati dalam menyalakan peralatan listrik yang ada di rumah, pastikan sudah benar-benar bersih dan kering," ujar General Manager PLN Unit Induk Wilayah Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah dan Gorontalo Leo Basuki dalam keterangannya, Minggu (24/1).

Petugas PLN dengan cepat menginventarisasi infrastruktur yang terdampak dan melakukan penormalan kembali secara bertahap. Tim gabungan berjumlah 50 Personil yang terdiri dari PLN Unit Layanan Pelanggan (ULP) Manado Utara, (ULP) Manado Selatan, (ULP) Paniki dan (ULP) Amurang diturunkan untuk segera mempercepat pengoperasian kembali sistem kelistrikan.

Salah satu tantangan PLN dalam memulihkan kelistrikan akibat banjir adalah akses menuju lokasi yang sulit untuk dilalui, sehingga diperlukan waktu lebih untuk mencapai titik gangguan dan melakukan pemeriksaan jaringan.

Tak lupa, sebelum menyalakan aliran listrik, PLN telah memastikan gardu, jaringan, dan instalasi pelanggan aman. PLN melakukan inspeksi, pembersihan, pengeringan, dan pengecekan gardu distribusi yang terkena dampak banjir.

Reporter: Athika Rahma

Sumber: Liputan6.com (mdk/azz)

Baca juga:
Per 5 Januari, PLN Uji Coba Co-Firing Biomassa di 32 PLTU
PLN Hemat Modal Besar Lewat Pemanfaatan Biomassa untuk PLTU
PLN, PTPN III dan Perhutani Kolaborasi Dorong Pemanfaatan Biomassa untuk PLTU
Diskon Tarif Listrik Diperpanjang 3 Bulan, PLN Minta Rp4,66 T
PLN akan Setop Beri Listrik Gratis Lewat WhatsApp, Ini Alasannya
Diperpanjang Hingga Maret, Stimulus Listrik Dikenakan Batas Pemakaian

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami