PLN Tinggikan 170 Gardu Distribusi Antisipasi Banjir Susulan

PLN Tinggikan 170 Gardu Distribusi Antisipasi Banjir Susulan
UANG | 10 Januari 2020 17:41 Reporter : Merdeka

Merdeka.com - PT PLN (Persero) meninggikan gardu distribusi sebanyak 170 unit untuk mengantisipasi gangguan penyaluran listrik akibat banjir. Di mana 20 gardu distribusi berada di Jakarta, dan 150 gardu distribusi di Bekasi dan Bogor.

Meski demikian, Direktur PLN Regional Jawa Madura Bali Haryanto WS mengatakan, untuk gardu distribusi di Jakarta, tidak ada yang masuk daftar sebab setiap tahun ada perawatan.

"Kami akan meninggikan 170 gardu distribusi yang masih rendah di Bekasi dan Bogor," kata Haryanto, saat meninjau pemeriksaan instalasi, Perumahan Pondok Gede Permai, Jati Asih, Bekasi, Jumat (10/1).

Menurutnya, PLN sudah menganggarkan peninggian gardu pada tahun ini. Selain ditinggikan sebagian peralatan pada gardu distribusi, kemungkinan akan diganti. Sebab, gardu tersebut terdampak banjir yang terjadi pada 1 Januari 2020 lalu.

"Kita akan lakukan perbaikan dan peninggian, kita ada anggaran khusus. Kita harapkan ini antisipasi banjir yang akan datang," ujarnya.

1 dari 1 halaman

Bangun Bendungan

Selain melakukan peninggian gardu distribusi, PLN juga berencana membuat bendungan pada Gas Insulated Switchgear Extra High Voltage (GISTET) dan Gardu Induk Extra Tinggi (GITET) Kembangan 500kV di Jakarta pasca banjir yang melanda wilayah tersebut.

Infrastruktur tersebut sempat terendam banjir pada Rabu (1/1), sehingga Gardu Induk kembangan terpaksa dipadamkan selama satu hari karena pompa air yang dioperasi tidak mampu menyedot air yang masuk ke area GITET.

"Kita rencana perkuat bantengnya saja, sehingga sistem drainase pompa air perkuat sehingga gardu induk betul-betul steril dari gangguan banjir dari luar," tandasnya.

Reporter: Pebrianto Eko Wicaksono

Sumber: Liputan6.com (mdk/azz)

Baca juga:
PLN Ganti 11.279 Meteran Listrik yang Terendam Banjir di Jabodetabek
Erick Thohir: Tinggal 4 Persen Gardu Listrik yang Masih Padam
876 Gardu Listrik Belum Beroperasi, Ini Wilayah yang Masih Mati Lampu
PLN Mulai Nyalakan Gardu Distribusi
Warga Ciputat Tewas Tersengat Listrik saat Banjir
PLN Padamkan Listrik di Jatiwaringin Akibat Banjir

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami