Potensi Ekonomi Maritim RI Diperkirakan Capai Rp1,33 Triliun Per Tahun

Potensi Ekonomi Maritim RI Diperkirakan Capai Rp1,33 Triliun Per Tahun
Benoa Pelabuhan. Merdeka.com
UANG | 18 Juni 2020 09:57 Reporter : Anisyah Al Faqir

Merdeka.com - Pemerintah tengah berupaya mengembangkan sepuluh destinasi tujuan wisata baru dengan membangun pelabuhan kelas dunia untuk memfasilitasi kapal pesiar. Salah satunya di Benoa sebagai pintu gerbang wisata maritim di Indonesia.

Kepala Bidang Infrastruktur Sumber Daya Air dan Rekayasa Pantai, Deputi Bidang Koordinasi Infrastruktur dan Transportasi, Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Lukijanto mengatakan, potensi ekonomi maritim Indonesia diperkirakan mencapai Rp1,33 triliun per tahun. Salah satu industri yang paling menjanjikan ini berangkat dari sektor pariwisata.

"Dengan memperhatikan potensi ekonomi maritim Indonesia diperkirakan mencapai lebih dari Rp1,33 triliun per tahun. Salah satu industri yang paling menjanjikan dan meningkat dalam ekonomi maritim adalah pariwisata," kata Lukijanto dalam siaran persnya, Jakarta, Kamis (18/6).

Pengembangan Pelabuhan Benoa diharapkan bisa menopang target 20 juta kunjungan wisatawan yang dicanangkan pemerintah Indonesia pada 2020. Untuk itu, pemerintah melalui Pelindo III melakukan pengembangan atau revitalisasi kawasan pelabuhan Benoa menjadi home port cruise.

Tak hanya mengembangkan pelabuhan kelas dunia untuk memfasilitasi wisatawan, pemerintah juga mencanangkan pembangunan Integrated Port Network (IPN) atau jaringan pelabuhan terintegrasi untuk kepentingan industri. Lukijanto mengatakan, adanya integrasi antar-pelabuhan dan terciptanya keterhubungan antar-wilayah merupakan pengejawantahan dari visi Indonesia sebagai poros maritim dunia.

"Jaringan pelabuhan terpadu adalah perwujudan dari visi Indonesia sebagai poros maritim dunia," kata dia.

Dia melanjutkan jaringan pelabuhan terpadu ini dimulai dengan mengintegrasikan pelabuhan sebagai satu sistem. Kemudian menghubungkan pelabuhan ke kawasan industri sehingga menciptakan konektivitas.

Baca Selanjutnya: Pentingnya pengenalan IPN untuk mendapatkan...

Halaman

(mdk/azz)

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami