PPKM Darurat Diperpanjang, Ini Bantuan Sosial untuk Rakyat

PPKM Darurat Diperpanjang, Ini Bantuan Sosial untuk Rakyat
Presiden Jokowi. ©Biro Pers Media Istana
EKONOMI | 20 Juli 2021 19:51 Reporter : Anisyah Al Faqir

Merdeka.com - Presiden Joko Widodo mengatakan akan menambah anggaran perlindungan sosial untuk meringankan beban masyarakat yang terdampak kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM). Pemerintah akan menambah alokasi untuk bantuan sosial sebesar Rp55,21 triliun.

"Untuk meringankan beban masyarakat yang terdampak, Pemerintah mengalokasikan tambahan anggaran perlindungan sosial Rp55,21 triliun," kata Presiden Jokowi dalam keterangan persnya, Jakarta, Selasa (20/7).

Alokasi anggaran tersebut akan digunakan untuk beberapa program sosial pemerintah. Antara lain bantuan tunai, bantuan sembako, bantuan kuota internet dan subsidi listrik.

Selain itu, pemerintah juga akan memberikan insentif untuk usaha mikro informal. Anggaran yang disiapkan yakni Rp1,2 juta untuk 1 juta usaha mikro.

"Pemerintah juga memberikan insentif untuk usaha mikro informal sebesar sebesar Rp1,2 juta untuk sekitar 1 juta Usaha Mikro," kata dia.

Jokowi mengaku telah memerintahkan para menteri terkait untuk segera menyalurkan bantuan sosial. Dia meminta bantuan sosial diberikan kepada masyarakat yang terdampak kebijakan PPKM Darurat.

"Saya sudah memerintahkan kepada para Menteri terkait untuk segera menyalurkan bansos tersebut kepada warga masyarakat yang berhak," kata dia mengakhiri. (mdk/idr)

Baca juga:
Jokowi Kesal Gara-Gara Bansos: Ditunggu Rakyat Tapi Cair Lambat
Selama PPKM Darurat, Polri Salurkan 475.420 Paket Sembako dan 2.471 Ton Beras
VIDEO: Jokowi Minta Percepatan Anggaran Dana Bansos, Rakyat Sangat Membutuhkan
Bansos Covid-19 Cair, Warga DKI Jakarta Serbu ATM
Jokowi Beberkan Tiga Jenis Bansos yang Realisasinya Rendah
Luhut Minta TNI-Polri Cek Data Penerima Obat & Bansos: Jangan Ada yang Terlewat

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami