Prabowo Tanggapi Luhut Minta Kapal Besar: Semua Tergantung Anggaran

UANG | 11 Desember 2019 19:45 Reporter : Supriatin

Merdeka.com - Menteri Pertahanan, Prabowo Subianto menanggapi permintaan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan soal kapal-kapal coast guard. Prabowo menegaskan, pengadaan kapal besar perlu disesuaikan dengan anggaran negara.

"Ya itu semua tentunya tergantung kemampuan kita anggarannya," ucapnya di di Istana Kepresidenan Jakarta, Rabu (11/12).

Sebelumnya, Luhut mengaku sudah berbicara dengan Prabowo soal pengadaan kapal-kapal coast guard. Luhut menginginkan kapal-kapal tersebut nantinya tak lagi berukuran kecil.

"Saya bicara dengan Menteri Pertahanan. Saya bilang ke Pak Prabowo. Wo (Prabowo) kamu kasih dah itu yang (ukuran kapal) 140 meter, atau 138 meter. Frigate kita ini baru 105 meter. Jadi baru 2 hari (aparat) udah muntah-muntah itu di laut," katanya.

Pernyataan tersebut disampaikan Luhut dalam Rapat Umum Anggota (RUA) Asosiasi Pemilik Pelayaran Nasional Indonesia (Indonesian National Shipowners Association/INSA) di Hotel Sultan, Jakarta, Senin (9/12). Dalam kesempatan itu, Luhut juga menyinggung Indonesia belum berjaya di laut.

"Indonesia ini negara kepulauan terbesar di dunia. Kita masih belum jaya di laut. Kita suka lupa, Indonesia itu 70 persen terdiri dari laut. Besar sekali," ujarnya. (mdk/idr)

Baca juga:
Bertemu di Bali, Prabowo Tingkatkan Kerja Sama Militer RI-Australia
Menhan Prabowo Akui Anggaran Belanja Alutsista Kecil
VIDEO: Menhan Prabowo Tampil Necis Bertopi Koboi di Pameran Alutsista
Pamer Alutsista Dalam Negeri, Prabowo Optimis Pertahanan RI 5 Tahun ke Depan Mandiri
Bahas Isu Pertahanan, Prabowo Bertemu Menhan Australia
Ledakan di Monas, Menhan Prabowo Minta Publik Tunggu Hasil Investigasi

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.