Prediksi Besaran Tarif Tol Depok Antasari Ruas Brigif-Sawangan

Prediksi Besaran Tarif Tol Depok Antasari Ruas Brigif-Sawangan
UANG | 3 Juli 2020 18:08 Reporter : Merdeka

Merdeka.com - Jalan Tol Depok-Antasari (Desari) Seksi 2 ruas Brigif-Sawangan sepanjang 6,3 km pada Jumat (3/7/2020) resmi beroperasi tanpa tarif selama dua pekan. Penggratisan tarif tersebut dilakukan sebagai bentuk sosialisasi kepada para pengguna tol.

Jika sudah lewat dua pekan, berapa perkiraan tarifnya?

Direktur Utama PT Citra Waspphutowa Jusuf Hamka memproyeksikan, Tol Desari Seksi 2 akan dikenakan tarif sekitar Rp10.000 untuk perjalanan terjauh, yakni dari Gerbang Tol (GT) Brigif ke GT Sawangan 4 maupun sebaliknya.

"Mungkin sekitar Rp10.000 dari Brigif ke sini. Jadi nanti kalau memang sudah nyambung semua nanti sistem terbuka kali kayak Jagorawi," kata dia di GT Sawangan 4, Depok, Jumat (3/7).

Sebagai perbandingan, Tol Tol Desari Seksi I Antasari-Brigif yang sudah beroperasi lebih dulu, dengan panjang 5,8 km memberlakukan tarif untuk kendaraan golongan I Rp7.500. Sementara, golongan II dan III tarifnya sama yakni Rp11.500.

Lalu pengenaan biaya untuk kendaraan golongan IV dan V tarifnya sama, yakni Rp15 ribu. Pemberlakuan tarif ini berdasarkan Keputusan Menteri PUPR Nomor 895/KPTD/M/2018.

1 dari 1 halaman

Harap Besaran Tarif Segera Ditetapkan Pemerintah

tarif segera ditetapkan pemerintah rev1

Lebih lanjut, Jusuf Hamka berharap Menteri PUPR Basuki Hadimuljono dapat segera mengeluarkan Surat Keputusan (SK) tarif untuk ruas Tol Desari Seksi 2. Dengan begitu, PT Citra Waspphutowa selaku pengelola tol bisa cepat balik modal.

"Sebenarnya saya maunya secepat mungkin karena kita kan ada kewajiban kepada perbankan yang harus kita penuhin. Jadi kalau lama ya kita tekor, ya sudahlah kita serahkan kepada pemerintah. Pemerintah lebih bisa mengatur yang terbaik," tuturnya.

Reporter: Maulandy Rizky Bayu Kencana
Sumber: Liputan6.com

(mdk/bim)

Baca juga:
Tol Depok-Antasari Ruas Brigif-Sawangan Resmi Dibuka, Bakal Gratis Selama 2 Minggu
Tol Pandaan-Malang Raih Sertifikat Green Toll Road Indonesia
Meninjau Pembangunan Proyek Jalan Tol Cilincing-Cibitung
Pemerintah Pastikan Pembangunan Ibu Kota Baru di Kaltim Jalan Terus
Menteri PUPR Beberkan Update Pembangunan Jalan Tol, Termasuk Bawen-Yogyakarta
Tol Desari Seksi II Segera Beroperasi
Mulai Senin, Jasa Marga Rekonstruksi KM 38 Tol Jakarta-Cikampek

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami