Prediksi Pertumbuhan Ekonomi Kuartal II-2021 di 7 Persen Dinilai Terlalu Tinggi

Prediksi Pertumbuhan Ekonomi Kuartal II-2021 di 7 Persen Dinilai Terlalu Tinggi
pertumbuhan ekonomi. ©2019 Merdeka.com/Imam Buhori
UANG | 6 Mei 2021 14:09 Reporter : Dwi Aditya Putra

Merdeka.com - Direktur Riset CORE Indonesia, Piter Abdullah mengaku pesimistis dengan target pemerintah terhadap pertumbuhan ekonomi yang mencapai 7 persen di kuartal II-2021. Menurutnya, angka tersebut terlalu tinggi dengan berbagai risiko yang masih ada.

"Kuartal II akan terhitung dan kami perkirakan akan positif meski tidak se-optimis pemerintah yang sampai 7 persen kami tidak berani seyakin itu," katanya dalam dialog Kabar Penyerapan Dana PEN 2021, Kamis (6/5).

Secara pribadi, Piter berharap pertumbuhan ekonomi bisa tumbuh dari yang diinginkan oleh pemerintah. Namun proyeksi itu tetap harus realistis disesuaikan dengan berbagai risiko yang masih besar seperti terjadinya gelombang ke II dan III Covid-19.

"Jadi kembali, outlook ke depan baik on track pemulihan ekonomi nasional tetapi yang harus diingat ada risiko dan menghadapi risiko ini," ujarnya.

Sebelumnya, Staf Ahli Bidang Pengeluaran Negara Kementerian Keuangan, Kunta Wibawa Dasa Nugraha, mengaku optimis pertumbuhan ekonomi kuartal II-2021 bisa tumbuh di kisaran 7-8 persen. Hal ini tercermin dari beberapa indikator ekonomi yang sudah menunjukkan tren pemulihan.

"Kita optimis di sekitar 7-8 persen karena pertama kuartal II-2020 kemarin negatif sangat dalam jadi untuk mencapai itu kita optimis ke sana," ujarnya katanya dalam dialog Kabar Penyerapan Dana PEN 2021, Kamis (6/5).

Dia mengatakan beberapa indikator ekonomi pada Januari-Februari masih ada beberapa yang merah. Namun di Maret sudah mulai hijau. Artinya ini menunjukkan perekonomian Indonesia sudah menunjukkan tren pemulihan sesuai dengan yang diharapkan oleh pemerintah.

"Kita melihat indikator-indikator yang menunjukkan pemulihan itu terjadi dan kita konsisten dan mensupport pemulihan," jelasnya. (mdk/azz)

Baca juga:
Kemenkeu Optimis Pertumbuhan Ekonomi Kuartal II-2021 Capai 7-8 Persen
Pertumbuhan Ekonomi Kuartal I-2021 Diklaim Lebih Baik Dibanding Negara Lain
Penyerapan Tenaga Kerja Mulai Naik, Ekonomi RI di Kuartal II-2021 Diprediksi Positif
Pertumbuhan Ekonomi Kuartal I-2021 Indikasikan Pemulihan yang Solid
Tiga Rekomendasi INDEF Agar Pertumbuhan Ekonomi Membaik di Kuartal II-2021
Pertumbuhan Ekonomi Indonesia di Kuartal I-2021 Kalah Dibanding Vietnam

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami