Presiden Jokowi Bongkar Syarat Indonesia Keluar dari Jebakan Kelas Menengah

UANG | 20 Oktober 2019 16:52 Reporter : Intan Umbari Prihatin

Merdeka.com - Presiden Jokowi menyampaikan syarat yang harus dipenuhi agar Indonesia keluar dari negara jebakan kelas menengah. Syarat tersebut mulai dari kepemilikan sumber daya manusia (SDM) hingga stabilitas politik dan ekonomi.

"Potensi kita untuk keluar dari jebakan negara berpenghasilan menengah sangat besar," tegas Jokowi saat pelantikan presiden di Gedung DPR, Jakarta, Minggu (20/10).

Presiden Jokowi menjabarkan, saat ini, Indonesia saat ini sedang berada di puncak bonus demografi. Di mana penduduk usia produktif jauh lebih tinggi dibandingkan usia tidak produktif.

"Ini adalah tantangan besar dan sekaligus juga sebuah kesempatan besar," tuturnya.

Presiden Jokowi mengingatkan besarnya jumlah kepemilikan SDM akan menjadi masalah besar jika Indonesia tidak mampu menyediakan kesempatan kerja. Tapi akan menjadi kesempatan besar jika Indonesia mampu membangun SDM yang unggul.

"Tentu juga (keluar jebakan kelas menengah) dengan didukung oleh ekosistem politik yang kondusif dan dengan ekosistem ekonomi yang kondusif," tutupnya. (mdk/bim)

Baca juga:
Jokowi: Eselonisasi Harus Disederhanakan Menjadi 2 Level Saja
Jusuf Kalla Tukar Kursi dengan Ma'ruf Amin, Simbol Peralihan Kekuasaan
Presiden Jokowi Akan Prioritaskan Lima Hal Ini Dalam Periode Kedua Kepemimpinan
Jokowi yang Tak Ingin Monoton dan Berorientasi Hasil Bukan Proses
Jokowi: Layarku Sudah Terkembang, Kemudiku Sudah Terpasang
Jokowi ke Calon Menteri: Bagi yang Tidak Serius, Pasti Saya Copot

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.